PENGARUH METODE MONTESSORI PRACTICAL LIFE TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TARUNA JAYA SIDOHARJO

LAMTIURMA ADELINA, BR. SIANTURI (2025) PENGARUH METODE MONTESSORI PRACTICAL LIFE TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TARUNA JAYA SIDOHARJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (176Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1251Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1342Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Montessori Practical Life terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK Taruna Jaya Sidoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pre-test dan post-test. Sampel berjumlah 13 anak yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pegumpulan data mengguakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemandirian anak setelah diberikan perlakuan dengan metode Montessori Practical Life. Hasil uji t menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, meskipun peningkatan kategori N-Gain tergolong rendah. Dapat disimpulkan bahwa metode Montessori Practical Life berpengaruh terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: Montessori, Practical Life, Kemandirian Anak Usia Dini

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: 2507286136 Digilib
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:05
Terakhir diubah: 09 Oct 2025 02:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90907

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir