PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

TSASABITHA , IKHSADANI (2025) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (259Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3999Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3947Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning melalui strategi Flipped Classroom terhadap keterampilan berpikir kritis dan tanggapan peserta didik. Jenis penelitian merupakan quasy experimen dengan desain Pretest-Posttest nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data kuantitatif diperoleh dari hasil Pretest dan Posttest keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pokok perubahan iklim. Data kualitatif berupa hasil angket tanggapan peserta didik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Independent sample ttest diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005 yang artinya H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning melalui strategi Flipped Classroom berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis. Peningkatan keterampilan berpikir kritis di kelas eksperimen memperoleh rata-rata N-Gain 0,63 yang masuk kategori sedang. Hasil angket tanggapan peserta didik memperoleh hasil yang menunjukkan hsemua peserta didik sangat setuju dan memberikan tanggapan positif bahwa penerapan Problem Based Learning melalui strategi Flipped Classroom dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Strategi Flipped Classroom

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2507593020 Digilib
Date Deposited: 09 Oct 2025 07:12
Terakhir diubah: 09 Oct 2025 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90948

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir