ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET DI SEKOLAH DASAR

NABILAH, RAHMAH (2025) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET DI SEKOLAH DASAR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (982Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf.pdf

Download (937Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya motivasi belajar peserta didikkelas IV SDN 2 Kacamarga pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuanpenelitian menganalisis motivasi belajar peserta didik berdasarkan enam indikatormotivasi belajar yakni: (1) hasrat dan keinginan berhasil, (2) dorongan dankebutuhan dalam belajar, (3) harapan dan cita-cita masa depan, (4) penghargaan dalam belajar, (5) kegiatan belajar yang menarik, (6) lingkungan belajar yangkondusif. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif denganjenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi,wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian yakni 36 peserta didikkelas IV SDN 2 Kacamarga dan pendidik kelas IV. Hasil penelitian menunjukkanbahwa penggunaan media pembelajaran berbasis internet, khususnya media video,mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik secara umum. Peserta didikmenjadi lebih aktif, bersemangat, dan terlibat dalam proses pembelajaran.Peningkatan terjadi pada seluruh indikator motivasi, dengan lingkungan belajaryang kondusif dan kegiatan belajar yang menarik menjadi aspek yang palingmenonjol. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa peserta didik yangmemiliki motivasi rendah akibat kendala seperti kemampuan membaca yangterbatas dan kurangnya fokus. Temuan ini mengindikasikan bahwa mediapembelajaran berbasis internet dapat menjadi alternatif yang efektif untukmenciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan mampu mendorongmotivasi belajar siswa sekolah dasar. Kata Kunci: media pembelajaran berbasis internet, motivasi belajar, peserta didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507637820 Digilib
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:12
Terakhir diubah: 10 Oct 2025 08:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90987

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir