DEVIASI TOKOH DAN ALUR DARI NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI KE FILM RANAH 3 WARNA KARYA GUNTUR SOEHARJANTO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

PINULIH , MULQI ANISAWENDA (2025) DEVIASI TOKOH DAN ALUR DARI NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI KE FILM RANAH 3 WARNA KARYA GUNTUR SOEHARJANTO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (175Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1014Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (785Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Adaptasi novel ke film sering memunculkan deviasi. Salah satu karya sastra yang mengalami deviasi yaitu novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi yang diadaptasi ke film oleh sutradara Guntur Soeharjanto. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan deviasi pada bagian tokoh dan alur dari novel Ranah 3 Warna ke film Ranah 3 Warna dan mengimplikasikannya ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jenis penelitin ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah novel dan film Ranah 3 Warna. Data dalam penelitian ini ialah kutipan novel dan cuplikan film Ranah 3 Warna. Data dikumpulkan menggunakan teknik baca-catat dan simak-catat kemudian dianalisis berdasarkan teori ekranisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) deviasi tokoh dari novel ke film Ranah 3 Warna lebih dominan daripada deviasi alur, 2) penciutan dilakukan karena keterbatasan durasi, teknis, dan biaya, 3) penambahan dilakukan karena menyesuaikan kebutuhan cerita film dan memperjelas bagian yang rumpang di dalam novel, dan 4) perubahan bervariasi dilakukan untuk menambah daya tarik penonton atau alasan estetika. Hasil penelitian ini diimplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI Kurikulum Merdeka CP fase F elemen menyimak dan memirsa sebagai bahan ajar pada bab VII subbab “Menyimak Teks Drama”. Peserta didik diharapkan mampu mengapresiasi drama atau film yang disimak. Kata kunci: deviasi, film, novel

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: Unnamed user with email digilib4@unila.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:23
Terakhir diubah: 14 Oct 2025 01:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91072

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir