ICA , FARDILA (2025) PENGARUH MODEL GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GUESSING GAME TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS V SDN 1 CANDIMAS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABASTRAK - ABSTRACT.pdf Download (268Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1845Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1695Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penguasaan kosakata bahasa Inggris merupakan kompetensi esensial bagi peserta didik SD, karena kosakata menjadi fondasi keterampilan berbahasa secara menyeluruh. Rendahnya hasil Sumatif Tengah Semester bahasa Inggris peserta didik kelas V SDN 1 Candimas menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih terarah dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Game Based Learning (GBL) berbantuan guessing game terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas V SDN 1 Candimas. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain quasi eksperimen nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri atas kelas eksperimen (n = 30) dan kelas kontrol (n = 31). Data diperoleh melalui tes dan non-tes berupa lembar observasi. Hasil menunjukkan rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat dari 47,77 menjadi 81,11, sedangkan kelas kontrol dari 50,54 menjadi 70,97. Uji t = – 4,110; Sig. (2-tailed) = 0,000 menunjukkan perbedaan signifikan. Nilai R² = 0,970 menunjukkan 97% variasi skor akhir dipengaruhi skor awal. Dengan demikian, disimpulkan bahwa GBL berbantuan guessing game berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris. Kata kunci: bahasa Inggris, game based learning, guessing game, penguasaan kosakata, sekolah dasar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2507179373 Digilib |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 07:05 |
Terakhir diubah: | 14 Oct 2025 07:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91081 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |