PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Tri Sukses Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025)

Aulia, Syahalda (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Tri Sukses Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Aulia.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Aulia Tanpa Lampiran.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1010Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Bab Pembahasan.pdf

Download (965Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi ke dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil uji coba menunjukkan bahwa instrumen tes dinyatakan valid, reliabel, daya pembeda cukup, baik dan sangat baik; dan tingkat kesukaran sedang. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil uji diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti problem based learning lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: kemampuan komunikasi, pengaruh, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2507664200 Digilib
Date Deposited: 15 Oct 2025 03:18
Terakhir diubah: 15 Oct 2025 03:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91144

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir