PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER SASHFIR DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND LAFIYE

Julia , Prizka Heryati (2025) PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER SASHFIR DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND LAFIYE. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Julia Prizka.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Julia Prizka.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3482Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Julia Prizka.pdf

Download (2811Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dan signifkan pengaruh kepercayaan, keahlian, dan dinamis influencer Sashfir di Instagram terhadap keputusan pembelian brand Lafiye dengan menggunakan Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response) oleh Carl Iver Hovland. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dipilih melalui teknik random sampling dengan cara menyebarkan kuesioner berupa google form. Kemudian analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas Sashfir yang meliputi dimensi kepercayaan, keahlian, dan dinamis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 67.7%. Secara parsial, dimensi kepercayaan, keahlian, dan dinamis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Sub-variabel terbesar yang memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian adalah sub-variabel dinamis. Berdasarkan temuan ini, peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya agar mengeksplorasi aspek lain yang berhubungan, seperti mengkaji perbedaan pengaruh antara influencer mikro dan makro terhadap minat beli dan keputusan pembelian konsumen guna memberikan wawasan baru mengenai efektivitas strategi promosi menggunakan influencer marketing. Kata kunci: Dinamis, Influencer, Keahlian, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Kredibilitas, Teori S-O-R This study aims to determine the extent and significance of the influence of trust, expertise, and dynamism of the Instagram influencer Sashfir on purchasing decisions for the Lafiye brand, based on the S-O-R (Stimulus-Organism-Response) Theory by Carl Iver Hovland. This research employs a quantitative method using path analysis as the analytical technique. The sample consisted of 100 respondents selected through random sampling by distributing a questionnaire via Google Forms. The data were analyzed using both descriptive and inferential statistics with the assistance of IBM SPSS 25. The results show that Sashfir’s credibility, which includes the dimensions of trust, expertise, and dynamism, significantly influences purchasing decisions, with a total effect of 67.7%. Each dimension—trust, expertise, and dynamism—also has a significant partial effect on purchasing decisions, with dynamism being the most influential sub-variable. Based on these findings, future research is recommended to explore other related aspects, such as comparing the influence of micro and macro influencers on consumer purchase intention and decision-making, in order to provide new insights into the effectiveness of influencer marketing strategies. Key words: Credibility, Dynamism, Expertise, Influencer, Purchasing Decision, Theory S-O-R, Trustworthiness.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 15 Oct 2025 03:06
Terakhir diubah: 15 Oct 2025 03:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91168

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir