Eka , Safitri (2025) VALUASI EKONOMI PANTAI TANJUNG LESUNG, KABUPATEN PANDEGLANG: ESTIMASI DENGAN METODE BIAYA PERJALANAN DAN DAMPAK SOSIAL-EKONOMI TERHADAP UMKM DI DALAM OBJEK WISATA PANTAI TANJUNG LESUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK Eka Safitri.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL Eka Safitri.pdf Restricted to Hanya staf Download (1136Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN Eka Safitri.pdf Download (916Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi frekuensi kunjungan, nilai ekonomi wisata dan dampak sosial ekonomi terhadap UMKM di dalam objek wisata Pantai Tanjung Lesung. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah responden sebanyak 77 pengunjung, responden pelaku usaha sebanyak 10 dan responden tenaga kerja wisata sebanyak 7 orang. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) di wisata alam Pantai Tanjung Lesung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2025. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis biaya perjalanan, analisis regresi linear berganda, perhitungan nilai ekonomi dan analisis multiplier effect. Hasil penelitian menunjukkan biaya perjalanan yang dikeluarkan pengunjung ke wisata Pantai Tanjung Lesung adalah sebesar Rp129.755 per individu per kunjungan. Faktor -faktor yang memengaruhi frekuensi kunjungan wisata Pantai Tanjung Lesung terdiri dari biaya perjalanan, pendapatan, jarak, usia, dan pendidikan. Nilai ekonomi wisata Pantai Tanjung Lesung dengan menggunakan metode biaya perjalanan adalah sebesar Rp6.431.419.996 per tahun. Dampak ekonomi wisata Pantai Tanjung Lesung diestimasi dengan menggunakan efek pengganda (Multiplier effect), dimana dampak langsung sebesar Rp33.550.000 per bulan, dampak tidak langsung sebesar Rp33.250.000 per bulan, dan dampak lanjutan sebesar Rp24.900.000 per bulan. Nilai Keynesian income multiplier yaitu 0,16, nilai ratio income multiplier tipe 1 yaitu 1,99, dan nilai ratio income multiplier tipe 2 yaitu 2,73. Kata kunci: biaya perjalanan, dampak sosial ekonomi wisata, nilai ekonomi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan |
Program Studi: | FAKULTAS PERTANIAN (FP) & PASCASERJANA > Prodi S1 Agribisnis |
Pengguna Deposit: | 2507208649 Digilib |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:19 |
Terakhir diubah: | 15 Oct 2025 07:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91184 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |