PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS KELAS V SEKOLAH DASAR

Anna, Fauziah (2025) PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT)_ANNA FAUZIAH - Anna Fauziah.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL_ANNA FAUZIAH - Anna Fauziah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3467Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_ANNA FAUZIAH - Anna Fauziah.pdf

Download (3163Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem-based learning berbantuan media ular tangga terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian meliputi seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 62 peserta didik, dengan teknik sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan lembar observasi. Dari pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan problem-based learning berbantuan media ular tangga terhadap kemampuan berpikir kritis matematis kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis matematis, media ular tangga, problem based learning This study was motivated by the low mathematical critical thinking skills of fifth- grade students at SD Negeri 11 Metro Pusat. The purpose of this study was to determine the effect of problem-based learning assisted by snakes and ladders media on students' mathematical critical thinking skills. The method used a quasi- experiment with a nonequivalent control group design. The study population included all fifth-grade students, totaling 62 students, and saturated sampling was used so that the entire population was sampled. The research instruments were mathematical critical thinking skills test and observation sheets. Hypothesis testing used simple linear regression showed that problem-based learning assisted by snakes and ladders media had a significant effect on the mathematical critical thinking skills of fifth-grade students at SD Negeri 11 Metro Pusat. Keywords: mathematical critical thinking skills, snakes and ladders media, problem-based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 16 Oct 2025 01:49
Terakhir diubah: 16 Oct 2025 01:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91239

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir