KAJIAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA SISWA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Yusra , Hayati (2025) KAJIAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA SISWA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
Abstrak SKRIPSI - YUSRA (1) - Ade Aransyah.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL pasca ujian kompre - Yusra - Ade Aransyah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI Tanpa Pembahasan Yusra - Ade Aransyah.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat literasi sains siswa di beberapa Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandar Lampung sehingga mendapatkan skor kemampuan literasi sains siswa. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif sederhana. Sampel penelitian yang digunakan dipilih secara purposive sampling dengan jumlah 225 siswa dari 5 sekolah yang berbeda. Data kuantitatif berupa skor hasil dari soal kemampuan literasi sains. Hasil dari kemampuan literasi sains siswa yang didapatkan pada penelitian ini berada dalam kategori “sedang”. Berdasarkan aspek kemampuan ilmiah, menjelaskan fenomena secara ilmiah memiliki skor paling tinggi dengan persentase 68,72% dengan kategori “sedang”, kemudian merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah skor paling tinggi dengan persentase 77,49 dengan kategori “tinggi”, dan untuk aspek menginterpretasi dan menafsirkan data dan bukti secara ilmiah dengan persentase 76,13% dengan kategori “tinggi”. Dengan demikian terdapat 2 SMP yang memperoleh pada indikator dalam kategori “tinggi” diantaranya SMP kartika II-2 dan SMP Darma Bangsa. Kata Kunci: Interaksi Antar Makhluk Hidup, Literasi Sains, Sekolah Menengah Pertama. This study aims to examine the level of scientific literacy among students in several junior high schools in Bandar Lampung City and to determine their scientific literacy scores. The type of research used is a simple descriptive qualitative method. The sample was selected through purposive sampling, consisting of 225 students from five different schools. Quantitative data were obtained from students' scores on scientific literacy assessments. The results show that students’ overall scientific literacy falls into the “moderate” category. In terms of scientific competencies, the ability to explain phenomena scientifically scored the highest at 68.72%, categorized as “moderate.” The ability to design and evaluate scientific investigations achieved the highest percentage of 77.49%, categorized as “high,” while the ability to interpret and analyze data and scientific evidence scored 76.13%, also categorized as “high.” Among the schools surveyed, two-SMP Kartika II-2 and SMP Darma Bangsa-achieved high scores across the indicators assessed. Keywords: Interaction Among Living Beings, Scientific Literacy, Junior High School

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:04
Terakhir diubah: 16 Oct 2025 03:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91264

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir