PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

SALAMAH , TRI RAHAYU (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - SALAMAH TRI RAHAYU.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - SALAMAH TRI RAHAYU.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN -SALAMAH TRI RAHAYU.pdf

Download (2079Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis etnomatematika yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan critical thinking peserta didik sekolah dasar. Desain penelitian ini mengacu pada model Ploomp (Preliminary Research, Development or Prototyping Phase and Assesment Phase). Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Tanjung Sari Kecamatan Natar kelas V semester genap pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, angket kuesioner, dan tes kemampuan critical thinking. Berdasarkan analisis data dari validasi ahli materi diperoleh indeks kevalidan sebesar 85,16%, ahli media sebesar 90,99% dan ahli bahasa 89,33% dengan kategori sangat valid, serta analisis data dari respon pendidik dan peserta didik tentang kepraktisan E-LKPD berbasis etnomatematika diperoleh indeks kepraktisan sebesar 93% dan 89% dengan kategori sangat praktis. Analisis data dilakukan menggunakan uji independent samples t test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau (sig < 0,05) pada variabel critical thinking. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 1,6 yang termasuk dalam kategori efek yang kuat dan N-gain score sebesar 0,7 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan temuan dan hasil analisis data disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis etnomatematika memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan critical thinking peserta didik. Kata kunci: E-LKPD, etnomatematika, bangun datar, critical thinking, sekolah dasar. This study is a research and development (R&D) project aimed at developing ethnomathematics-based E-worksheets (E-LKPD) that are valid, practical, and effective in enhancing the critical thinking of elementary school students. The research design refers to the Ploomp model, which includes Preliminary Research, Development or Prototyping Phase and Assesment Phase. The study was conducted at SDN 1 Tanjung Sari, Natar District, with fifth-grade students during the second semester of the 2024/2025 academic year. Data collection techniques included interviews, questionnaires, and critical thinking tests. Based on expert validation data analysis, the validity indices were 85.16% for content, 90.99% for media, and 89.33% for language, all categorized as highly valid. In addition, the analysis of teacher and student responses regarding the practicality of the ethnomathematics- based E-LKPD showed practicality indices of 93% and 89%, respectively, indicating a very practical category. Data analysis was conducted using an independent samples t-test, which resulted in a significance value of 0.000 (sig < 0.05) for the critical thinking variable. This indicates that the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted. Furthermore, the effect size test showed a value of 1.6, categorized as a strong effect, and the N-gain score was 0.7, classified as high. Based on the findings and data analysis, it is concluded that the ethnomathematics-based E-LKPD meets the criteria of being valid, practical, and effective in enhancing students’ critical thinking skills. Keywords: E-LKPD, ethnomathematics, plane figures, critical thinking, elementary school.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 16 Oct 2025 04:11
Terakhir diubah: 16 Oct 2025 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91276

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir