PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG T. PELAJARAN 2009 / 2010

0613033035 , Putry Agung (2010) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG T. PELAJARAN 2009 / 2010. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
moto.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (106Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Keberhasilan proses belajar mengajar disekolah tidak terlepas dari peran serta guru dalam menentukan suatu metode dan model yang efektif, sebab model pembelajaran memiliki peran yang cukup besar dalam proses belajar mengajar. Berbagai jenis penelitian menyatakan bahwa model atau pendekatan pembelajaran konvensional atau tradisional belum mampu menjadikan semua siswa di kelas bisa menguasai kompetensi pembelajaran terutama siswa yang kemampuan rendah. Aktivitas dan hasil belajar yang tinggi merupakan salah satu wujud nyata keberhasilan dalam proses pendidikan, namun di sekolah SMP Negeri 1 Bandar Lampung masih terdapat beberapa kelemahan dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga nilai yang diperoleh siswa tidak memenuhi sdandar (kkm). Hal ini disebabkan kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran IPS yang di anggap bahwa pelajaran IPS membosankan karena penyajian yang monoton. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan model PBI dan Non PBI. Penelitian ini, ingin melihat apakah ada pengaruh dari dua perlakuan yang diberikan dan berapa besar pengaruh yang diberikan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Rumusa masalah dalam penelitian ini adalah 1 Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009/2010. 2 Sejauh mana pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009/2010. Putry Agung Tujuan penelitian ini adalah a) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Introduction terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung yang dianggap mampu dan tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. b) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Introduction terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental, teknik analisis data kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui tes,dokumentasi dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010 berjumlah 240 siswa. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil tes sumatif yang dilakukan ternyata metode PBI nilai secara rata-rata sebesar 85,625 sedangkan metode tanpa PBI nilai secara rata-rata sebesar 78,375 dan hasil pengujian perbedaan dua rata-rata memperlihatkan pengaruh yang berarti atau signifikan yakni sebesar 7,25 dan besarnya pengaruh atau koefisien korelasi ( r ) sebesar 0,842 hal tersebut menunjukakan hubungan yang kuat dari kedua metode terhadap upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Begitu juga besarnya hubungan aktivitas antara metode yang diberikan terhadap pertemuan yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:14
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9129

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir