PENGARUH JUMPING TASK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

Annisa, Fitri Alfa Noviyani (2025) PENGARUH JUMPING TASK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Annisa Fitri Alfa Noviyani.pdf

Download (194Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Annisa Fitri Alfa Noviyani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1315Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB 4 DAN LAMPIRAN - Annisa Fitri Alfa Noviyani.pdf

Download (1074Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Jumping Task melalui Problem Based Learning (PBL) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan teknik pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah seluruh sampel 48 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu VII.1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan Jumping Task melalui PBL dan VII.2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes HOTS sebagai data kuantitatif dan angket tanggapan peserta didik sebagai data kualitatif. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Jumping Task melalui PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan HOTS peserta didik. Data kualitatif dari angket menunjukkan bahwa tanggapan peserta didik terhadap penerapan Jumping Task melalui PBL berada dalam kategori baik, dengan rata-rata persentase sebesar 81,63%, hal ini menunjukan bahwa penggunaan Jumping Task melalui PBL mendapat tanggapan positif dan diterima baik oleh peserta didik. Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills (HOTS), Interaksi Makhluk Hidup, Jumping Task, Problem Based Learning (PBL). This study aims to determine the effect of Jumping Task through Problem Based Learning (PBL) on students' Higher Order Thinking Skills (HOTS) in the topic of interactions between living organisms and their environment. The research employed a quasi-experimental design with a pretest-posttest non-equivalent control group technique. The sample was selected using cluster random sampling, with a total of 48 students. The research sample consisted of two classes: Class VII.1 as the experimental group, which applied Jumping Task through PBL, and Class VII.2 as the control group, which used the Discovery Learning model. Data were collected using a HOTS test as quantitative data and a student response questionnaire as qualitative data. The results of the independent sample t-test showed a significance value (2-tailed) of 0.001 < 0.05. Therefore, it can be concluded that the use of Jumping Task through PBL has a significant effect on improving students’ HOTS. Qualitative data from the questionnaire indicated that students' responses to the implementation of Jumping Task through PBL were categorized as positive, with an average percentage of 81.63%. This result suggests that the use of Jumping Task through PBL is not only effective in enhancing HOTS but is also well received by students during the learning process. Keywords: Problem Based Learning, Jumping Task, HOTS, Science Learning,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 16 Oct 2025 06:29
Terakhir diubah: 16 Oct 2025 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91301

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir