PENERAPAN PARALLEL RESONANCE FAULT CURRENT LIMITER UNTUK MENINGKATKAN STABILITAS TRANSIEN PADA TURBIN ANGIN BERBASIS DOUBLY FED INDUCTION GENERATOR

Ruli , Amar Ma'ruf (2025) PENERAPAN PARALLEL RESONANCE FAULT CURRENT LIMITER UNTUK MENINGKATKAN STABILITAS TRANSIEN PADA TURBIN ANGIN BERBASIS DOUBLY FED INDUCTION GENERATOR. TEKNIK , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ruli Amar Ma'ruf.pdf

Download (375Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Ruli Amar Ma'ruf.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Ruli Amar Ma'ruf.pdf

Download (1830Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peningkatan integrasi energi terbarukan, khususnya dari turbin angin berbasis Doubly Fed Induction Generator (DFIG), menimbulkan tantangan baru terhadap stabilitas transien sistem tenaga listrik. Salah satu metode mitigasi yang menjanjikan adalah penggunaan Parallel Resonance Fault Current Limiter (PRFCL) untuk membatasi arus gangguan dan meredam osilasi sistem saat terjadi gangguan besar. Penelitian ini melakukan simulasi pada sistem IEEE 9 Bus menggunakan MATLAB/Simulink dengan skenario gangguan tiga fasa ke tanah di Bus 5, 6, dan 8. Parameter yang dianalisis meliputi deviasi tegangan, fluktuasi daya aktif, kecepatan rotor, dan frekuensi sistem. Hasil menunjukkan bahwa penerapan PRFCL secara signifikan mengurangi deviasi parameter transien, mempercepat pemulihan frekuensi, serta meredam osilasi sudut rotor. Efektivitas tertinggi tercapai saat PRFCL dipasang dekat dengan titik gangguan. Dengan demikian, PRFCL meningkatkan kemampuan Fault Ride-Through (FRT) sistem DFIG serta mendukung keandalan sistem tenaga listrik dengan penetrasi energi angin tinggi. Kata kunci: PRFCL, DFIG, Stabilitas Transien, Gangguan Tiga Fasa ke Tanah, MATLAB/Simulink, Fault Ride-Through (FRT). The increasing integration of renewable energy, especially wind power using Doubly Fed Induction Generators (DFIG), presents challenges to power system transient stability. One promising solution is the application of a Parallel Resonance Fault Current Limiter (PRFCL) to limit fault currents and suppress system oscillations during severe disturbances. This study models the IEEE 9 Bus system in MATLAB/Simulink, simulating three-phase-to-ground faults at Buses 5, 6, and 8. The analysis focuses on voltage deviation, active power fluctuation, rotor speed, and frequency recovery. Simulation results demonstrate that PRFCL significantly improves transient performance by reducing parameter deviations, accelerating frequency restoration, and damping rotor angle oscillations. The highest effectiveness is achieved when PRFCL is installed near the fault location. Therefore, PRFCL enhances the Fault Ride-Through (FRT) capability of DFIG- based systems and supports the reliability of power systems with high wind energy penetration. Keywords: PRFCL, DFIG, Transient Stability, Three-Phase to Ground Fault, MATLAB/Simulink, Fault Ride-Through (FRT).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS TEKNIK (FT) > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 16 Oct 2025 07:12
Terakhir diubah: 16 Oct 2025 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91310

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir