PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA GURU SEKOLAH ISLAM DI BANDAR LAMPUNG

Saringatun , Nafingah (2025) PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA GURU SEKOLAH ISLAM DI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Skripsi - Saringatun N04.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full-1-71 - Saringatun N04.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2056Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full tanpa bab pembahasan - Saringatun N04.pdf

Download (2180Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Globalisasi telah menciptakan lingkungan yang dinamis, menuntut organisasi diberbagai sektor, termasuk institusi pendidikan untuk beradaptasi agar dapat bertahan dan berkembang. Sekolah Islam sebagai lembaga pendidikan yang berbasis nilai-nilai agama, menghadapi tantangan dalam mengelola sumber daya manusia. Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh kualitas akademik, tetapi juga oleh perilaku guru dalam menjalankan tugasnya. Etika kerja Islam berperan penting dalam membentuk standar perilaku guru, sementara kepemimpinan transformasional memiliki peran strategis dalam memotivasi dan mengarahkan guru untuk berkontribusi lebih dari sekadar tugas utama mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etika kerja Islam dan kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada guru sekolah Islam di Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 107 guru dari lima sekolah Islam di Bandar Lampung. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini mendukung hipotesis yang di ajukan, yaitu etika kerja Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, serta kepemimpinan transformasional juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Saran bagi sekolah Islam di Bandar Lampung untuk lebih memperhatikan implementasi nilai-nilai etika kerja Islam, meningkatkan interaksi dan komunikasi antara kepala sekolah dan guru, serta meningkatkan kesadaran dan motivasi guru untuk berkontribusi secara aktif dalam mendukung tugas kepala sekolah, sehingga dapat mendorong peningkatan OCB guru dan kualitas pendidikan di sekolah Islam. Kata kunci: Etika Kerja Islam, Kepemimpinan Transformasional, Organizational Citizenship Behavior. Globalization has created a dynamic environment, requiring organizations in various sectors, including educational institutions to adapt in order to survive and thrive. Islamic schools as educational institutions based on religious values, face challenges in managing human resources. The success of education is not only determined by academic quality, but also by the behavior of teachers in carrying out their duties. Islamic work ethics play an important role in shaping teacher behavioral standards, while transformational leadership has a strategic role in motivating and directing teachers to contribute more than just their main duties. This study aims to analyze the influence of Islamic work ethics and transformational leadership on organizational citizenship behavior (OCB) of Islamic school teachers in Bandar Lampung. The research method used in this study is quantitative. Data were collected through questionnaires distributed to 107 teachers from five Islamic schools in Bandar Lampung. The data analysis technique used simple linear regression with the help of IBM SPSS version 24. The results of the study indicate that this study supports the proposed hypothesis, namely that Islamic work ethics have a positive and significant effect on OCB, and transformational leadership also has a positive and significant effect on OCB. Suggestions for Islamic schools in Bandar Lampung to pay more attention to the implementation of Islamic work ethics values, improve interaction and communication between principals and teachers, and increase teacher awareness and motivation to actively contribute in supporting the principal's duties, so as to encourage an increase in teacher OCB and the quality of education in Islamic schools. Keywords: Islamic Work Ethics, Transformational Leadership, Organizational Citizenship Behavior.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 17 Oct 2025 01:31
Terakhir diubah: 17 Oct 2025 01:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91346

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir