Tri , Septiana Sari (2025) IMPELEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK_Tri Septiana Sari - Tri Septiana Sari.pdf Download (151Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran_Tri Septiana Sari - Tri Septiana Sari.pdf Restricted to Hanya staf Download (2124Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Skripsi Tanpa Bab Pembahasan_Tri Septiana Sari - Tri Septiana Sari.pdf Download (1767Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan pada penelitian ini berupa rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 1 Nunggalrejo. Hal tersebut terjadi karena penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang berinovasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis media educandy terhadap hasil belajar. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah populasi dan sampel 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data dianalisis melalui uji regresi sederhana. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan diketahui hasil Fhitung > Ftabel yakni 77,353> 4,41 dengan significance 0.000<0.05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada implementasi model discovery learning berbasis media educandy terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, media educandy, sekolah dasar The problem identified in this study was the low learning outcomes of students in the IPAS subject in Grade Fourth of SD Negeri 1 Nunggalrejo. This occurred due to the use of learning models and media that were less innovative. The objective of this study was to determine the effect of the discovery learning model based on Educandy media on learning outcomes. The research design used was a non- equivalent control group design, involving an experimental class and a control class, with a population and sample of 40 students. Data were collected using test and non-test techniques. The data were analyzed using a simple regression test. The results of the simple regression test showed that F_calculated > F_table, namely 77.353 > 4.41 with a significance of 0.000 < 0.05, which means that a significant effect was found in the implementation of the discovery learning model based on Educandy media on the IPAS learning outcomes of fourth grade elementary school students. Keywords: discovery learning, learning outcomes, educandy media, elementary school
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:20 |
Terakhir diubah: | 17 Oct 2025 02:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91362 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |