IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DI SEKOLAH DASAR

Alifa , Hana Almira (2025) IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ALIFA HANA ALMIRA - Alifa Hana Almira.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_ALIFA HANA ALMIRA - Alifa Hana Almira.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1997Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_ALIFA HANA ALMIRA - Alifa Hana Almira.pdf

Download (1315Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara penting dilakukan oleh kepala sekolah agar dapat menjadi pemimpin yang baik, dapat mengarahkan kelompok, serta memahami pendelegasian tugas dan wewenang secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) aspek organisasi dalam implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara di SD Gugus RA kartini Metro Timur, 2) aspek interpretasi dalam implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara di SD Gugus RA kartini Metro Timur, 3) aspek aplikasi dalam implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara di SD Gugus RA kartini Metro Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan bantuan aplikasi NVivo dengan fitur mind map. Hasil penelitian ini yaitu implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara di Gugus RA Kartini terdiri dari 1) Aspek organisasi dalam implementasi trilogi Ki Hajar Dewantara di Gugus RA Kartini diterapkan dengan dengan pembentukan struktur organisasi yang jelas dan terarah, 2) Aspek interpretasi dalam implementasi trilogi Ki Hajar Dewantara di Gugus RA Kartini diterapkan dengan sering mengadakan pelatihan untuk menambah pemahaman pendidik tentang prinsip-prinsip dari trilogi Ki Hajar Dewantara, menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi dan refleksi, serta mengadakan komunikasi yang efektif dengan para pendidik, 3) Aspek aplikasi dalam implementasi trilogi Ki Hajar Dewantara di Gugus RA Kartini diterapkan dengan dengan selalu mengimplementasikan prinsip-prinsip trilogi Ki Hajar Dewantara yakni ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Kata kunci : Trilogi Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. The implementation of Ki Hajar Dewantara's Trilogy is important for school principals to become good leaders, guide groups, and understand the effective delegation of tasks and authority. This study aimed to describe: 1) the organizational aspects of the implementation of Ki Hajar Dewantara's Trilogy at SD Gugus RA Kartini Metro Timur, 2) the interpretive aspects of the implementation of Ki Hajar Dewantara's Trilogy at SD Gugus RA Kartini Metro Timur, 3) the application aspects of the implementation of Ki Hajar Dewantara's Trilogy at SD Gugus RA Kartini Metro Timur. This study used a qualitative method with a case study research design. Data collection techniques included interviews, observations, and documentation. Data analysis was conducted using the NVivo application with mind map features. The results of this study indicated that the implementation of Ki Hajar Dewantara's Trilogy at Gugus RA Kartini consists of: 1) Organizational aspects in the implementation of Ki Hajar Dewantara's Trilogy at Gugus RA Kartini are applied through the establishment of a clear and focused organizational structure, 2) The interpretive aspect of the implementation of Ki Hajar Dewantara's Trilogy at the RA Kartini Cluster was applied by frequently conducting training to enhance educators' understanding of the principles of Ki Hajar Dewantara's Trilogy, creating an environment that supports exploration and reflection, and maintaining effective communication with educators, 3) The application aspect in the implementation of Ki Hajar Dewantara's trilogy at the RA Kartini Cluster was applied by always implementing the principles of Ki Hajar Dewantara's trilogy, namely ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Keywords: Ki Hajar Dewantara's trilogy, Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 17 Oct 2025 02:35
Terakhir diubah: 17 Oct 2025 02:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91371

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir