ANGGUN, QONIATUL AMRIYAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ-ANSWER-DISCUSSEXPLAIN-AND-CREATE (RADEC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDA’IYYAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (259Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1220Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1101Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat dan belum diterapkannya model pembelajaran RADEC dalam pelaksanaan pembelajaran IPAS di madrasah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-and-Create (RADEC) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV Madrasah Ibtida‟iyyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental design dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest serta non tes berupa observasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling berupa teknik sampling jenuh dengan jumlah 36 peserta didik. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji regresi linier sederhana dengan bantuan Microsoft Office Excel 2010. Hasil uji hipotesis penelitian yang diperoleh sebesar Fhitung = 14,239 dan Ftabel = 4,451 sehingga Fhitung > Ftabel dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Read-AnswerDiscuss-Explain-and-Create (RADEC) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV Madrasah Ibtida‟iyyah. Kata kunci: hasil belajar IPAS, madrasah ibtida‟iyyah, model pembelajaran RADEC.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2507873289 Digilib |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 01:40 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2025 01:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91384 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |