PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ-ANSWER-DISCUSSEXPLAIN-AND-CREATE (RADEC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDA’IYYAH

ANGGUN, QONIATUL AMRIYAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ-ANSWER-DISCUSSEXPLAIN-AND-CREATE (RADEC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDA’IYYAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (259Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1220Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1101Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat dan belum diterapkannya model pembelajaran RADEC dalam pelaksanaan pembelajaran IPAS di madrasah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-and-Create (RADEC) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV Madrasah Ibtida‟iyyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental design dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest serta non tes berupa observasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling berupa teknik sampling jenuh dengan jumlah 36 peserta didik. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji regresi linier sederhana dengan bantuan Microsoft Office Excel 2010. Hasil uji hipotesis penelitian yang diperoleh sebesar Fhitung = 14,239 dan Ftabel = 4,451 sehingga Fhitung > Ftabel dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Read-AnswerDiscuss-Explain-and-Create (RADEC) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV Madrasah Ibtida‟iyyah. Kata kunci: hasil belajar IPAS, madrasah ibtida‟iyyah, model pembelajaran RADEC.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507873289 Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2025 01:40
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 01:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91384

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir