VIRA , NURLITA (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS II SD NEGERI 2 PASAR MADANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - VIRA NURLITA.pdf Download (249Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL -VIRA NURLITA.pdf Restricted to Hanya staf Download (1834Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - VIRA NURLITA.pdf Download (1680Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik serta pendidik belum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas II SD Negeri 2 Pasar Madang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan non-equivalent. Populasi penelitian ini adalah 327 peserta didik, sampel penelitian adalah peserta didik kelas II A SD Negeri 2 Pasar Madang dengan jumlah 26 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh Fhitung sebesar 833,595 > Ftabel 4, 26. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh model kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas II SD Negeri 2 Pasar Madang. Kata Kunci: hasil belajar, model koopertaif tipe picture and picture, pendidikan Pancasila. The problem of this research was the low learning outcomes of Pancasila Education of students and educators have not applied the cooperative learning model of picture and picture type. The purpose of the study was to determine the effect of the cooperative model of picture and picture type on the learning outcomes of Pancasila Education class II SD Negeri 2 Pasar Madang. This type of research used quantitative research with quasi-experimental method and research design using non-equivalent. The population of this study were 327 students, the research sample was students of class II A SD Negeri 2 Pasar Madang with a total of 26 students. The research sampling technique used purposive sampling technique. Hypothesis testing technique using simple linear regression test obtained amounted to 833.595 > 4, 26. The result of the research is that there is an influence of the cooperative model of picture and picture type on the learning outcomes of Pancasila Education class II SD Negeri 2 Pasar Madang. Keywords: learning outcomes, cooperative model picture and picture type cooperative model, Pancasila education.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 03:48 |
| Terakhir diubah: | 17 Oct 2025 03:48 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91386 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
