REGULASI EMOSI PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING GENERASI Z DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Sheftyani , Sherly (2025) REGULASI EMOSI PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING GENERASI Z DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_SHEFTYANI SHERLY (1).pdf

Download (177Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI_SHEFTYANI SHERLY 2_TANPA LAMPIRAN .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (874Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI_SHEFTYANI SHERLY 2_TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (605Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi regulasi emosi pada guru Bimbingan dan Konseling (BK) generasi Z di Kota Bandar Lampung. Guru BK generasi Z, yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010, memiliki karakteristik unik dalam respons emosional, penggunaan teknologi, dan gaya komunikasi yang dapat memengaruhi pendekatan mereka dalam menangani permasalahan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui purposive sampling dengan wawancara mendalam dan dokumentasi terhadap 9 orang guru BK generasi Z, terdiri dari 5 perempuan dan 4 laki-laki, yang mengajar di lima sekolah di Kota Bandar Lampung. Data dianalisis menggunakan teknik thematic analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 23 kode yang dikategorikan ke dalam 4 tema utama strategi regulasi emosi, yaitu: (1) Modulasi Respon (10 kode), (2) Pengalihan Perhatian (9 kode), (3) Perubahan Kognitif (3 kode), dan (4) Modifikasi Situasi (1 kode). Tema modulasi respon menjadi strategi yang paling dominan digunakan oleh guru BK generasi Z dalam mengelola emosi mereka. Kata kunci : Regulasi Emosi, Guru Bimbingan dan Konseling, Generasi Z.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2507846746 Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:09
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91389

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir