PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT SWAY TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

VERA , TRI ASTUTI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT SWAY TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK IND+ENG_VERA TRI ASTUTI - Vera Tri Astuti.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_VERA TRI ASTUTI - Vera Tri Astuti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2114Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_VERA TRI ASTUTI - Vera Tri Astuti.pdf

Download (1720Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan kolaborasi peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 6 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran RADEC berbantuan microsoft sway terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik sekolah dasar dan juga perbandingan kemampuan kolaborasi dengan bantuan This study addressed the issue of low collaboration skills among fifth-grade students at SDN 6 Metro Timur. It aimed to examine the effect of the RADEC learning model assisted by Microsoft Sway on students’ collaboration skills and to compare the effectiveness of different media types in enhancing collaboration. The research employed a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design. A total of 40 students from classes IVA and IVB were involved in the study, and data were collected through tests. The results were analyzed using an independent t-test. The findings indicated a significant effect of the RADEC learning model assisted by Microsoft Sway on students’ collaboration skills, as evidenced by a sig. (2-tailed) value of 0.00 < 0.005. Furthermore, a significant difference was found in collaboration skills based on the use of different media, with a sig. (2-tailed) value of 0.001 < 0.005. Keywords: Collaboration, Elementary school, Fifth-grade students, Interactive media, Microsoft sway. media yang berbeda. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 40 dan sampel yang digunakan yaitu 40 peserta didik kelas IVA dan IVB,. Data dianalisis dengan uji independent t test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran RADEC berbantuan microsoft sway terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik kelas V SDN 6 Metro timur yang ditunjukkan dengan perolehan nilai sig 2-tailed 0,00<0,005, dan terdapat perbedaan kemampuan kolaborasi yang dari penggunaan 2 media yang berbeda dengan perolehan nilai sig 2-tailed 0,001<0,005.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 17 Oct 2025 09:19
Terakhir diubah: 17 Oct 2025 09:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91437

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir