M. Irfan Fariz , Zainudin (2025) PENGARUH METODE DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA MAN 1 LAMPUNG BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (246Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2050Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1657Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa hasil belajar siswa belum optimal, yang diduga berkaitan dengan metode pembelajaran yang kurang variatif, tidak sesuai dengan gaya belajar siswa, serta rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa, dengan mempertimbangkan motivasi belajar sebagai variabel perantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI di MAN 1 Lampung Barat. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik analisis jalur untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) metode pembelajaran berpengaruh langsung terhadap motivasi belajar. (2) ada pengaruh gaya belajar terhadap motivasi belajar. (3) ada hubungan antara metode pembelajaran dengan gaya belajar. (4) ada pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar. (5) ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar. (6) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. (7) ada pengaruh tidak langsung pada variabel metode pembelajaran terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. (8) ada pengaruh tidak langsung pada variabel gaya belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. (9) ada pengaruh simultan metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap motivasi belajar. (10) ada pengaruh simultan metode pembelajaran, gaya belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Guru dan siswa penting untuk mengenali dan memahami gaya belajar masing-masing siswa, pembelajaran agar dapat menyesuaikan dengan perbedaan gaya belajar siswa yang beragam, sehingga motivasi dan pemahaman materi dapat meningkat. Kata kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar. The background to this research is based on the fact that student learning outcomes are suboptimal, which is suspected to be related to learning methods that lack variety, are not suited to students' learning styles, and have low learning motivation. This study aims to determine the influence of learning methods and learning styles on student learning outcomes, considering learning motivation as an intermediary variable. This research uses a quantitative approach with an explanatory method. The research sample was 11th-grade students at MAN 1 West Lampung. Data were collected through questionnaires and documentation, and analyzed using path analysis techniques to determine the direct and indirect effects between variables. The results show that: (1) learning methods have a direct effect on learning motivation. (2) learning styles have an effect on learning motivation. (3) there is a relationship between learning methods and learning styles. (4) learning methods have an effect on learning outcomes. (5) learning styles have an effect on learning outcomes. (6) learning motivation has an effect on student learning outcomes. (7) learning methods have an indirect effect on learning outcomes through learning motivation. (8) learning styles have an indirect effect on learning outcomes through learning motivation. (9) There is a simultaneous influence of learning methods and learning styles on learning motivation. (10) There is a simultaneous influence of learning methods, learning styles, and learning motivation on learning outcomes. It is important for teachers and students to recognize and understand each student's learning style, so that learning can adapt to the differences in students' diverse learning styles, so that motivation and understanding of the material can increase. Keywords: Learning Methods, Learning Motivation, Learning Outcome, Learning Styles.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 2507908700 Digilib |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 06:25 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2025 06:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91503 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |