Elcha , Wahyu Dennisa (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM BERBANTUAN E-BOOKLET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - elcha wahyu dennisa.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - elcha wahyu dennisa.pdf Restricted to Hanya staf Download (2379Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - elcha wahyu dennisa.pdf Download (2142Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terintegrasi STEM berbantuan E-booklet terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi perubahan iklim. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group, melibatkan peserta didik kelas X di MAN 2 Bandar Lampung. Instrumen penelitian mencakup tes uraian untuk kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi kolaborasi, dan angket tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL terintegrasi STEM berbantuan E-booklet memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah, dengan nilai N-Gain sebesar 0,69 (kategori sedang) pada kelompok perlakuan dan 0,39 (kategori rendah) pada kelompok pembanding. Uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05, ditinjau dari indikator memahami masalah, merumuskan masalah, melaksanakan strategi, dan mengecek kembali. Keterampilan kolaborasi juga meningkat secara lebih baik pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran tersebut, ditinjau dari indikator partisipasi aktif, tanggung jawab, fleksibilitas, produktivitas, dan sikap saling menghargai. Hasil angket menunjukkan peserta didik memberikan tanggapan sangat positif terhadap pembelajaran yang diterapkan. Dengan demikian, penerapan model PBL terintegrasi STEM berbantuan E-booklet terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kolaborasi peserta didik. Kata kunci: problem based learning, STEM, e-booklet, pemecahan masalah, kolaborasi This study aims to determine the influence of the Problem Based Learning (PBL) model of STEM integrated with the help of E-booklets on the problem-solving ability and collaboration skills of students on climate change materials. The method used was a quasi-experiment with a pretest-posttest nonequivalent control group design, involving class X students at MAN 2 Bandar Lampung. The research instruments include a description test for problem-solving skills, a collaborative observation sheet, and a student response questionnaire. The results showed that the E-booklet-assisted STEM integrated PBL model had a significant influence on improving problem- solving ability, with an N-Gain value of 0.69 (medium category) in the treatment group and 0.39 (low category) in the comparison group. The t-test showed a significant difference with the Sig. (2-tailed) value of 0.01 < 0.05, reviewed from the indicators of understanding the problem, formulating the problem, implementing the strategy, and checking back. Collaboration skills also improved better in groups that used the learning model, judging from indicators of active participation, responsibility, flexibility, productivity, and mutual respect. The results of the questionnaire showed that students gave very positive responses to the learning applied. Thus, the application of the E-booklet-assisted STEM integrated PBL model has proven to be effective in improving students' problem-solving and collaboration skills. Keywords: problem based learning, STEM, e-booklet, problem solving, collaboration
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 06:12 |
| Terakhir diubah: | 20 Oct 2025 06:12 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91507 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
