PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD BERORIENTASI SDGs TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

Raras , Nur Febriana (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD BERORIENTASI SDGs TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_RARAS NUR FEBRIANA - Raras Nur Febriana.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI_ FULL_RARAS NUR FEBRIANA_TANPA LAMPIRAN - Raras Nur Febriana.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI_FULL_RARAS NUR FEBRIANA_TANPA BAB 4 DAN LAMPIRAN - Raras Nur Febriana.pdf

Download (2538Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan LKPD berorientasi SDGs terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perubahan iklim. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.3 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 peserta didik dan kelas X.6 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 peserta didik yang dipilih dengan teknik random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes yang dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Data kualitatif diperoleh melalui tanggapan peserta didik terhadap model Problem Based Learning berbantuan LKPD berorientasi SDGs dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada nilai N-Gain (P>0,05) antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan LKPD berorientasi SDGs dengan model Discovery Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol indikator kemampuan literasi sains yang paling tinggi adalah menjelaskan fenomena secara ilmiah, sedangkan indikator kemampuan literasi sains yang paling rendah adalah merancang dan dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah. Berdasarkan hasil angket tanggapan menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memberikan tanggapan yang lebih positif dengan persentase 85.71% (sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD berorientasi SDGs berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Kata kunci: Kemampuan Literasi Sains, LKPD Berorientasi SDGs, Problem Based Learning This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning model assisted by LKPD oriented towards the SDGs on students' science literacy skills in the subject of climate change. The population in this study is all tenth-grade students of SMA Negeri 14 Bandar Lampung in the even semester of the 2024/2025 academic year. The sample in this study consists of 36 students from class X.3 as the control class and 35 students from class X.6 as the experimental class, selected using random sampling technique. The data in this study consists of quantitative data obtained through tests analyzed using the independent sample t-test. Qualitative data were obtained through student responses to the Problem Based Learning model assisted by LKPD oriented towards SDGs, collected through questionnaires and analyzed descriptively. The research results show a significant difference in N-Gain values (P>0.05) between the class using the Problem Based Learning model assisted by LKPD oriented towards SDGs and the Discovery Learning model in terms of students' science literacy skills. In the experimental class and the control class, the highest indicator of science literacy ability is explaining phenomena scientifically, while the lowest indicator of science literacy ability is designing and evaluating scientific investigations. Based on the response questionnaire results, the experimental class provided a more positive response with a percentage of 85.71% (very good). Thus, it can be concluded that the implementation of Problem Based Learning assisted by LKPD oriented towards the SDGs significantly affects students' science literacy skills. Keywords: Science Literacy Skills, SDGs-Oriented Student Worksheets, Problem- Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:42
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91514

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir