Resti , Vidyasari (2025) PENGARUH MINAT BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap UPTD SMP Negeri 17 Pesawaran Tahun Pelajaran 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - Resti Vidyasari.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Resti Vidyasari.pdf Restricted to Hanya staf Download (3072Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI TANPA BAB 4 DAN LAMPIRAN - Resti Vidyasari.pdf Download (3047Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Studi ini menerapkan populasi yang mencakup seluruh siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 17 Pesawaran pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Jumlah siswa yang menjadi populasi adalah 135 siswa dan ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA. Data penelitian ini bersifat kuantitatif. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes dan non tes yang didapatkan melalui angket minat belajar matematika dan tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi garis dan sudut. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji F untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil perhitungan regresi linear sederhana didapat persamaan . Hasil penelitian ini menunjukkan minat belajar matematika tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: minat belajar, pemecahan masalah This study aims to determine the effect of interest in learning mathematics on students' mathematical problem solving abilities. This study applies a population that includes all grade VII students at UPTD SMP Negeri 17 Pesawaran in the even semester of the 2024/2025 academic year. The number of students who are the population is 135 students and is determined using the cluster random sampling technique. The sample of this study is class VIIA students. The data of this study is quantitative. The instruments in this study are test and non-test instruments obtained through a questionnaire on interest in learning mathematics and a descriptive test of students' mathematical problem solving abilities on the material of lines and angles. The data analysis technique used in this study is to use simple linear regression analysis and the F test to test the research hypothesis. The results of the simple linear regression calculation obtained the equation Y = 23.34 + 0.03X. The results of this study indicate that interest in learning mathematics does not have a significant effect on students' mathematical problem- solving abilities.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:49 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2025 07:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91536 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |