PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 08 METRO TIMUR

Mellyza , Azzara (2025) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 08 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak INDO+ENG_MELLYZA AZZARA - Mellyza Azzara.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi TANPA LAMPIRAN_MELLYZA AZZARA - Mellyza Azzara.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2006Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi TANPA PEMBAHASAN_MELLYZA AZZARA - Mellyza Azzara.pdf

Download (2010Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Matematika peserta didik di kelas IV SD Negeri 08 Metro Timur yang disebabkan oleh beberapa faktor yang mendukung, yaitu kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan serta minim nya rasa percaya diri dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh metode proyek terhadap hasil belajar matematika, (3) perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan Metode Tutor Sebaya dan Metode Proyek di kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan non-equivalent control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 08 Metro Timur dengan jumlah 57 peserta didik, sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah (1) terdapat pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh metode proyek terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan Metode Tutor Sebaya dan Metode Proyek di kelas IV SD dengan nilai signifikansi 0,017 < 0,05. Penerapan metode tutor sebaya lebih unggul dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar matematika peserta didik. Kata kunci: hasil belajar, proyek, tutor sebaya The problem in this study was the low mathematics learning outcomes of fourth-grade students at SD Negeri 08 Metro Timur, which was caused by several contributing factors, namely the lack of variation in teaching methods used and the low self-confidence of the students. This study aimed to determine: (1) the effect of the peer tutoring method on mathematics learning outcomes, (2) the effect of the project method on mathematics learning outcomes, and (3) the difference in mathematics learning outcomes between students who used the peer tutoring method and those who used the project based method in fourth grade. The type of research used was quantitative with an experimental method using a non-equivalent control group design. The population and sample in this study consisted of all fourth-grade students at SD Negeri 08 Metro Timur, totaling 57 students. The sample was determined using a saturated sampling technique. The data analysis technique used was the t-test. The results of the study were: (1) there was an effect of the peer tutoring method on mathematics learning outcomes with a significance value of 0.000 < 0.05, (2) there was an effect of the project method on mathematics learning outcomes with a significance value of 0.000 < 0.05, (3) there was a difference in mathematics learning outcomes between students who used the Peer Tutoring Method and those who used the Project Method in the fourth grade with a significance value of 0.017 < 0.05. The implementation of the peer tutoring method was more effective in improving students’ mathematics learning outcomes. Keywords: learning outcomes, project, peer tutoring

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 20 Oct 2025 12:53
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 12:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91549

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir