SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN ZONASI SMA NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG

AYU, AFRILIA (2025) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN ZONASI SMA NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (11Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2330Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sistem zonasi sekolah bertujuan untuk meningkatkan pemerataan akses pendidikan, namun efektivitasnya sangat bergantung pada distribusi spasial dan ketersediaan fasilitas pendidikan. Penelitian ini menganalisis sebaran spasial dan evaluasi zonasi 17 SMA Negeri di Kota Bandar Lampung berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah 17 SMA Negeri di Kota Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan observasi lapangan, kemudian dianalisis menggunakan: (1) Analisis Tetangga Terdekat (Nearest Neighbour Analysis/NNA) untuk pola sebaran, dan (2) Geoprocessing SIG dengan buffering untuk delineasi zona terlayani. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pola sebaran SMA Negeri bersifat acak (nilai NNA = 1,14), hal ini mengindikasikan bahwa distribusi sekolah belum merata, tidak semua wilayah memiliki akses yang sama terhadap fasilitas pendidikan menengah atas.; (2) Delineasi zona buffering berdasarkan SNI 03-1733-2004 serta kondisi riil pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 menghasilkan wilayah terlayani dan tidak terlayani. Wilayah tidak terlayani umumnya berada di kawasan suburban seperti Panjang, Telukbetung Barat, dan Sukabumi. Kata kunci: pemetaan, SIG, zonasi, SMA negeri

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2507270077 Digilib
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:47
Terakhir diubah: 21 Oct 2025 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91568

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir