Aldi , Firmansyah (2025) PENGEMBANGAN e-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS AI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMBUATAN K O N T E N D I G I T A L P A D A S I S W A SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Aldi Firmansyah.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Aldi Firmansyah.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Aldi Firmansyah.pdf Download (3663Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Di era revolusi industri 4.0, teknologi menjadi elemen kunci dalam mendukung proses pembelajaran. Salah satu inovasi yang berkembang pesat adalah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, yang memungkinkan sistem pembelajaran menjadi lebih personal, adaptif, dan berbasis data untuk memenuhi kebutuhan belajar individu secara lebih efektif. Penguasaan keterampilan digital menjadi In the era of the industrial revolution 4.0, technology has become a key element in supporting the learning process. One of the rapidly developing innovations is Artificial Intelligence (AI), which allows learning systems to be more personal, adaptive, and data-based to meet individual learning needs more effectively. Mastery of digital skills is a primary requirement for students, especially the ability to create digital content such as image design, learning videos, and digital platform management. This study aims to develop an e-module for learning digital content creation based on artificial intelligence (AI) that can improve digital content creation skills in vocational high school students. The research method used is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The e-module was developed using Ispring and Flip Builder software with AI integration to provide an interactive and adaptive learning experience. The validation results by media experts showed a validity level of 88.5% and validation by material experts showed a validity level of 83%. The practicality test by students obtained an overall average of 86.5% with the category "very practical". Based on the research results, the AI-based e-module developed was declared feasible for use in learning and effective in improving students' skills in creating digital content. Keywords: E-Module, Artificial Intelligence, Digital Content Creation Skills, Information Technology Education. Development tuntutan utama bagi siswa, khususnya kemampuan pembuatan konten digital seperti desain gambar, video pembelajaran, dan pengelolaan platform digital.. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran pembuatan konten digital berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dapat meningkatkan keterampilan pembuatan konten digital pada siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). E-modul dikembangkan menggunakan perangkat lunak Ispring dan Flip Builder dengan integrasi AI untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan adaptif. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan tingkat validitas sebesar 88,5% dan validasi oleh ahli materi menunjukkan tingkat validitas sebesar 83%. Uji kepraktisan oleh mahasiswa mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 86,5% dengan kategori "sangat praktis". Berdasarkan hasil penelitian, e-modul berbasis AI yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam pembuatan konten digital. Kata Kunci: e-Modul, Kecerdasan Buatan, Keterampilan, Pembuatan Konten Digital, SMK, Pengembangan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:32 |
Terakhir diubah: | 21 Oct 2025 07:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91617 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |