EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK JOURNALING UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI SISWA KELAS VIII SMP ISLAMIC BOARDING SCHOOL NUR SHOFIN NATAR TAHUN AJARAN 2024/2025

Aisyah , Dewi Armisi (2025) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK JOURNALING UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI SISWA KELAS VIII SMP ISLAMIC BOARDING SCHOOL NUR SHOFIN NATAR TAHUN AJARAN 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_AISYAH DEWI ARMISI - .pdf

Download (207Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI_Aisyah Dewi Armisi - .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2614Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_Aisyah Dewi Armisi - .pdf

Download (2384Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan mengenai kesulitan siswa dalam mengenali, memahami, dan mengendalikan emosinya, yang berdampak pada kesulitan dalam mengelola emosi, mengontrol reaksi, serta berperilaku secara adaptif di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik journaling dalam meningkatkan regulasi emosi siswa SMP Islamic Boarding School Nur Shofin Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest dan Posttest. Subjek dalam penelitian berjumlah 10 siswa dan diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi emosi yang disusun berdasarkan indikator regulasi emosi menurut Gross (2007). Berdasarkan hasil analisis data dengan uji Paired Samples t-Test, diperoleh nilai signifikansi p = 0,001 (p < 0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik journaling efektif dalam meningkatkan regulasi emosi siswa SMP Islamic Boarding School Nur Shofin. Kata Kunci: bimbingan kelompok, teknik journaling, regulasi emosi, siswa SMP. This research is motivated by the problem of students' difficulties in recognizing, understanding, and controlling their emotions, which results in difficulties in managing emotions, controlling reactions, and behaving adaptively in the school environment. The purpose of this study was to determine the effectiveness of group guidance services with journaling techniques in improving the emotional regulation of junior high school students at Nur Shofin Islamic Boarding School for the 2024/2025 academic year. This study used a pre-experimental method with a One Group Pretest and Posttest design. The subjects in this study were 10 students and were taken using total sampling technique. The data collection technique used an emotional regulation scale compiled based on emotional regulation indicators according to Gross (2007). Based on the results of data analysis with the Paired Samples t-Test, the significance value p = 0.001 (p <0.05) was obtained, so H0 was rejected and Ha was accepted. Thus, it can be concluded that group guidance services with journaling techniques are effective in improving the emotional regulation of junior high school students at Nur Shofin Islamic Boarding School. Keywords: group guidance, journaling technique, emotional regulation, junior high school students.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:35
Terakhir diubah: 21 Oct 2025 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91619

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir