Rof'i , Darajat Annisa (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 ABUNG SEMULI TAHUN 2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - ROFI DARAJAT.pdf Download (219Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL-1 - ROFI DARAJAT.pdf Restricted to Hanya staf Download (2629Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - ROFI DARAJAT.pdf Download (2410Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan demikian, proses pembelajaran harus memiliki inovasi yang bermutu. Namun, fakta menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih berorientasi pada guru dan belum memanfaatkan media yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi materi persebaran flora dan fauna di Indonesia melalui penerapan media pembelajaran flipbook. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI.3 SMAN 1 Abung Semuli Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas tiga pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik. Rata-rata nilai pretest sebesar 49,29 dengan ketuntasan klasikal 2,86%, meningkat menjadi 73,14 dengan ketuntasan 71,42% pada siklus I, dan mencapai 81,43 dengan ketuntasan klasikal 88,67% pada siklus II. Selain itu, keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran juga meningkat, yang ditunjukkan dengan keaktifan dalam menjawab pertanyaan dan menyampaikan kesimpulan. Dengan demikian, penerapan media flipbook terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran geografi. Kata kunci: media pembelajaran, flipbook, hasil belajar, geografi Education plays an important role in improving the quality of human resources. Thus, the learning process must have quality innovation. However, the facts show that the learning process is still teacher-oriented and has not utilized innovative media. This study aims to improve student learning outcomes in the Geography subject of the distribution of flora and fauna in Indonesia through the application of flipbook learning media. The subjects of the study were students of class XI.3 public senior high school 1 Abung Semuli in the 2024/2025 Academic Year. This study uses the Classroom Action Research (CAR) type with the One- Group Pretest-Posttest Design design which is carried out in two cycles, where each cycle consists of three meetings. Each cycle includes four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results of the study showed an increase in student learning outcomes. The average pretest score was 49.29 with classical completeness of 2.86%, increasing to 73.14 with completeness of 71.42% in cycle I, and reaching 81.43 with classical completeness of 88.67% in cycle II. In addition, student involvement in the learning process also increased, as indicated by their activeness in answering questions and conveying conclusions. Thus, the application of flipbook media has proven effective in improving learning outcomes and active participation of students in geography learning. Keywords: learning media, flipbook, learning outcomes, geography
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:38 |
Terakhir diubah: | 21 Oct 2025 07:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91620 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |