RIZKIKA , RAHAYU AFINI (2025) PENGARUH IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING, MOTIVASI BELAJAR, DAN PERAN GURU DI ERA SOCIETY 5.0 TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MAN 1 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
abstrak - Perdana Printing.pdf Download (267Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TA full - Perdana Printing.pdf Restricted to Hanya staf Download (1010Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TA full tanpa pembahasan - Perdana Printing.pdf Download (961Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Disiplin belajar menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam proses belajar yang sangat memengaruhi hasil belajar siswa. Implementasi project based learning, motivasi belajar, dan peran guru di era society 5.0 merupakan disiplin belajar pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh implementasi project based learning, motivasi belajar, dan peran guru di era society 5.0 terhadap disiplin belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif-verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda yang diolah dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh implementasi project based learning, motivasi belajar, dan peran guru di era society 5.0 terhadap disiplin belajar siswa kelas XI IPS MAN 1 Bandar Lampung. Oleh karena itu, disarankan bagi siswa maupun guru untuk memaksimalkan pembelajaran dalam optimalisasi implementasi project based learning, motivasi belajar, dan peran guru di era society 5.0 dalam upaya meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek, Peran Guru, Society 5.0. Learning discipline is one of the most important components in the learning process that greatly influences student learning outcomes. Implementation of project-based learning, learning motivation, and the role of teachers in the era of society 5.0 are learning disciplines in this study. This study aims to examine the influence of the implementation of project-based learning, learning motivation, and the role of teachers in the era of society 5.0 on student learning discipline.. The population in this study were all students of class XI IPS MAN 1 Bandar Lampung. The sampling technique in this study was probability sampling using simple random sampling. Data collection in this study used observation, questionnaires, and documentation. The type used in this study uses descriptive-verification with an ex post facto approach and quantitative methods Data analysis used was simple linear regression and multiple linear regression processed with the SPSS application. The results of this study indicate that there is an effect of project based learning implementation, learning motivation, and teacher roles in the society 5.0 era on student learning discipline in class XI IPS MAN 1 Bandar Lampung. Therefore, it is recommended for students and teachers to maximize learning in optimizing the implementation of project based learning, learning motivation, and teacher roles in the society 5.0 era in an effort to improve student learning discipline. Key Words: Learning Discipline, Learning Motivation, Project-Based Learning, The Role Of Teachers, Era Of Society 5.0
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 01:38 |
| Terakhir diubah: | 22 Oct 2025 01:38 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91641 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
