PROSES PEMELAJARAN GITAR DALAM PERSPEKTIF EDWIN E. GORDON DI HARDMAN MUSIC COURSE BANDAR LAMPUNG

REZA , RESQI MUBAROK (2025) PROSES PEMELAJARAN GITAR DALAM PERSPEKTIF EDWIN E. GORDON DI HARDMAN MUSIC COURSE BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT -REZA RESQI MUBAROK.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - REZA RESQI MUBAROK.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2406Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - REZA RESQI MUBAROK.pdf

Download (1651Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemelajaran gitar di Hardman Music Course Bandar Lampung dalam perspektif teori musik Edwin E. Gordon, khususnya konsep Beginning Instrumental Music. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Hardman Music Course belum memiliki kurikulum formal, proses pemelajaran berlangsung secara efektif dengan metode yang fleksibel, interaktif, dan menyesuaikan kebutuhan serta kemampuan peserta didik. Proses pemelajaran diawali dengan latihan dasar seperti penyeteman gitar, latihan penjarian, pengenalan tangga nada, dan chord dasar, yang kemudian dilanjutkan dengan latihan lagu. Strategi yang digunakan instruktur meliputi pendekatan audiasi, imitasi, memorisasi, serta penggunaan media audio-visual. Pendekatan ini sejalan dengan konsep audiasi yang ditekankan oleh Edwin E. Gordon, yang menempatkan kemampuan mendengar dan memahami musik secara internal sebagai fondasi dalam pemelajaran musik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemelajaran yang diterapkan dapat mendukung pengembangan musikalitas peserta didik secara efektif, meskipun tanpa sistem kurikulum baku. Kata Kunci: Pemelajaran Gitar, Edwin E. Gordon, Beginning Instrumental Music This study aims to describe the guitar learning process at Hardman Music Course in Bandar Lampung through the lens of Edwin E. Gordon’s music learning theory, particularly the Beginning Instrumental Music concept. The research employed a qualitative descriptive approach, with data collected through observation, interviews, and documentation. The results show that although Hardman Music Course does not implement a formal curriculum, the learning process is effective, flexible, and tailored to the needs and abilities of each student. Learning begins with fundamental activities such as tuning the guitar, finger exercises, introduction to scales, and basic chords, followed by song practice. The teaching strategies include the use of audiation, imitation, memorization, and multimedia tools. This approach aligns with Gordon’s emphasis on audiation the ability to hear and understand music internally as a foundation for musical development. The study concludes that the instructional strategies used by instructors effectively support students’ musical growth, even in the absence of a structured curriculum. Keyword: Guitar Learning, Edwin E. Gordon, Beginning Instrumental Music

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian > 780 Musik
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Musik
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 22 Oct 2025 01:56
Terakhir diubah: 22 Oct 2025 01:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91642

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir