PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 SUKADANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Wayan Ayu , Putri Suryani (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 SUKADANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_Wayan Ayu Putri Suryani - WayanAyu PutriSuryani.pdf

Download (295Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI tanpa lampiran isi_Wayan Ayu Putri Suryani - WayanAyu PutriSuryani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1483Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa lampiran&bab 4 pembahasan_Wayan Ayu Putri Suryani - WayanAyu PutriSuryani.pdf

Download (1394Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa akibat penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Media pembelajaran berbasis Articulate Storyline sebagai salah satu media untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Penelitian ini mengukur hasil kognitif siswa dimana sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan TKJ yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired sample t-test. Dari hasil data penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest (50,76) dan posttest (85,3). Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu nilai rata-rata N-gain sebesar 64,95% yang tergolong dalam kategori tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengalamatan Jaringan. Kata kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, hasil belajar, Teknik Komputer dan Jaringan This study aims to determine the effect of using Articulate Storyline as a learning medium on students’ learning outcomes. The research was motivated by the low academic performance of students, which was attributed to the use of conventional teaching methods that lacked active student engagement. Articulate Storyline- based learning media was implemented as an alternative tool to improve students’ understanding. This study employed an experimental approach with a one-group pretest-posttest design. The research focused on measuring students’ cognitive learning outcomes, with a sample of 30 Grade X students majoring in Computer and Network Engineering (TKJ). Data were collected through learning achievement tests administered before and after the implementation of the learning media. The data were analyzed using a paired sample t-test. The results showed a significant difference between the pretest score (50.76) and the posttest score (85.3). This finding was supported by the significance value (Sig. 2-tailed) of 0.000 < 0.05, indicating that H0 is rejected and H1 is accepted. Additionally, the average N-gain score was 64.95%, which falls into the high category. Therefore, it can be concluded that the use of Articulate Storyline as a learning medium has a significant effect on improving students’ learning outcomes in the subject of IP Addressing. Keywords: Learning Media, Articulate Storyline, learning outcomes, Computer and Network Engineerin

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 601 Filsafat dan teori tentang teknologi dan ilmu terapan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:04
Terakhir diubah: 22 Oct 2025 02:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91649

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir