EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK

YASMIN , AL ILLYYIN (2025) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Yasmin Al Illyyin.pdf

Download (519Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full - Yasmin Al Illyyin.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1917Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa pembahasan - Yasmin Al Illyyin.pdf

Download (1707Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Sebagai rumah sakit rujukan utama di Provinsi Lampung, evaluasi terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek perlu dilakukan. Penilaian kepuasan pasien secara berkala penting guna menjaga mutu pelayanan agar tetap sesuai harapan. Metode: Penelitian ini merupakan survei cross-sectional dengan sampel penelitian pasien atau pendamping pasien rawat jalan yang diambil secara purposive sampling pada April–Mei 2025. Data diperoleh melalui kuesioner SERVQUAL yang terdiri dari lima dimensi, yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Data dianalisis dengan menghitung nilai gap antara harapan dan kenyataan pasien pada masing-masing dimensi pelayanan. Hasil: Sebanyak 354 responden menyatakan sangat puas terhadap dimensi bukti fisik (85,3%), keandalan (87,7%), jaminan (84,1%), dan empati (82,5%), serta kategori puas terhadap dimensi daya tanggap (75,8%). Seluruh dimensi menunjukkan gap negatif (−0,534). Gap terbesar adalah daya tanggap (−0,84) yang mengindikasikan adanya kesenjangan signifikan antara harapan pasien dengan kenyataan pasien, sedangkan gap terkecil adalah keandalan (−0,36) yang menunjukkan bahwa dimensi ini telah mendekati harapan pasien. Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek berada dalam kategori sangat puas. Meskipun demikian, hasil analisis berdasarkan gap SERVQUAL menunjukkan bahwa seluruh dimensi kualitas layanan masih terdapat kesenjangan antara harapan dan kenyataan pasien (gap negatif). Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, SERVQUAL Background: As the main referral hospital in Lampung Province, an evaluation of the quality of pharmaceutical services at RSUD Dr. H. Abdul Moeloek is necessary. Regular assessments of patient satisfaction are important to maintain service quality in line with expectations. Methods: This study was a cross-sectional survey involving outpatients or their companions, selected through purposive sampling during April–May 2025. Data were collected using the SERVQUAL questionnaire, which consists of five dimensions: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. Data were analyzed by calculating the gap score between patients’ expectations and perceptions for each service dimension. Results: A total of 354 respondents reported being very satisfied with the dimensions of tangibles (85.3%), reliability (87.7%), assurance (84.1%), and empathy (82.5%), and satisfied with the responsiveness dimension (75.8%). All dimensions showed a negative gap (−0.534). The largest gap was found in responsiveness (−0.84), indicating a significant discrepancy between patients’ expectations and perceptions, while the smallest gap was in reliability (−0.36), suggesting that this dimension was closest to meeting patients’ expectations. Conclusion: Outpatient satisfaction with pharmaceutical services at the Pharmacy Installation of RSUD Dr. H. Abdul Moeloek was in the “very satisfied” category. Nevertheless, the SERVQUAL gap analysis showed that all service quality dimensions still had a negative gap, indicating a difference between patients’ expectations and perceptions. Keywords: Patient Satisfaction, Pharmaceutical Services, SERVQUAL

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: FAKULTAS KEDOKTERAN (FK) > Prodi S1-Prodi Farmasi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:40
Terakhir diubah: 22 Oct 2025 02:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91668

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir