Putri , Salsabilla (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TERMOKIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak_Putri Salsabilla_2113023028_Pendidikan Kimia_FKIP_organized - Putri Salsabilla.pdf Download (246Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Full_Putri Salsabilla_2113023028_Pendidikan Kimia_FKIP_removed - Putri Salsabilla.pdf Restricted to Hanya staf Download (2441Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan_Putri Salsabilla_2113023028_Pendidikan Kimia_FKIP_removed - Putri Salsabilla.pdf Download (2004Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis green chemistry untuk meningkatkan keterampilan pe- mecahan masalah pada materi termokimia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eskperimental dengan desain pretest-postest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian adalah kelas XI F-1 dan XI F-2 yang dipilih melalui teknik purposive sampling, kemudian dilakukan peng- undian sehingga XI F-1 ditetapkan sebagai kelas kontrol dan XI F-2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan meliputi soal pretes dan postes, asesmen kinerja produk berpikir dari pengisian LKPD, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respons peserta didik. Analisis data meliputi perhitung- an n-gain rata-rata, kinerja berpikir peserta didik, keterlaksanaan pembelajaran, dan respons peserta didik. Uji hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan dua rata- rata menggunakan metode independent samples t-test. Hasil analisis data menun- jukkan bahwa n-gain rata-rata kelas eksperimen adalah 0,44 dengan kategori se- dang. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa n-gain rata-rata kelas eks- perimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis green chemistry efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi termokimia. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, green chemistry, keterampilan pemecahan masa- lah, termokimia, entalpi pelarutan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis green chemistry untuk meningkatkan keterampilan pe- mecahan masalah pada materi termokimia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eskperimental dengan desain pretest-postest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian adalah kelas XI F-1 dan XI F-2 yang dipilih melalui teknik purposive sampling, kemudian dilakukan peng- undian sehingga XI F-1 ditetapkan sebagai kelas kontrol dan XI F-2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan meliputi soal pretes dan postes, asesmen kinerja produk berpikir dari pengisian LKPD, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respons peserta didik. Analisis data meliputi perhitung- an n-gain rata-rata, kinerja berpikir peserta didik, keterlaksanaan pembelajaran, dan respons peserta didik. Uji hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan dua rata- rata menggunakan metode independent samples t-test. Hasil analisis data menun- jukkan bahwa n-gain rata-rata kelas eksperimen adalah 0,44 dengan kategori se- dang. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa n-gain rata-rata kelas eks- perimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis green chemistry efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi termokimia. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, green chemistry, keterampilan pemecahan masa- lah, termokimia, entalpi pelarutan
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 06:36 |
| Terakhir diubah: | 22 Oct 2025 06:36 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91708 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
