PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS KASUS UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF

KHAREN , RIZ LAMBAR WATI (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS KASUS UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Kharen Riz Lambar Wati.pdf

Download (367Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL KHAREN RIZ LAMBAR WATI - Kharen Riz Lambar Wati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2123Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
File tanpa pembahasan - Kharen Riz Lambar Wati.pdf

Download (1358Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini adalan penelitian pengembangan e-LKPD berbasis kasus pada materi listrik dinamis yang bertujuan untuk mengembangkan yang valid, praktis, dan efektif dalam menstimulus keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek penelitian terdiri dari guru IPA dan peserta didik kelas IX di SMP Islam Az Zahra Bandar Lampung. Instrumen penelitian meliputi angket analisis kebutuhan, skala validasi, skala kepraktisan, lembar observasi, serta tes keterampilan berpikir kritis dan kreatif. e-LKPD yang dikembangkan dirancang berdasarkan pendekatan case based learning (CBL) yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: (1) identifikasi kasus, (2) analisis kasus, (3) mengumpulkan informasi, (4) memformulasi hipotesis, (5) membuktikan hipotesis, dan (6) menyusun kesimpulan. Setiap tahapan dikaitkan dengan indikator keterampilan berpikir kritis (interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan regulasi diri) dan keterampilan berpikir kreatif (fluency, flexibility, elaboration, dan originality). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian ahli isi dan media, praktis berdasarkan uji keterbacaan dan keterlaksanaan, serta efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif berdasarkan hasil uji statistik (independent sample t-test, effect size, dan N-Gain). Dengan demikian, e-LKPD berbasis kasus ini layak digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual untuk mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran IPA. Kata kunci: E-LKPD, Case Based Learning, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 22 Oct 2025 06:50
Terakhir diubah: 22 Oct 2025 06:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91712

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir