Mutia , Rahma Aulia (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Mutia Rahma Aulia.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL MUTIA RAHMA AULIA - Mutia Rahma Aulia.pdf Restricted to Hanya staf Download (3762Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Mutia Rahma Aulia.pdf Download (3327Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 2 Trimurjo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan 1) pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik, 2) perbedaan model pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 38 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh yaitu teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel sehingga sampel yang didapat yaitu 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah Uji t. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri 2 Trimurjo tahun ajaran 2024/2025, 2) terdapat perbedaan model pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol di SD Negeri 2 Trimurjo tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, discovery learning, model pembelajaran The problem in this study was the low critical thinking skills of fifth grade students of SD Negeri 2 Trimurjo. This study aimed to analyze and describe 1) the effect of the discovery learning model on critical thinking skills in students, 2) differences in learning models of experimental and control classes. The method in this study was a quasi experiment with a research design of nonequivalent control group design. The population of this study were all fifth grade students totaling 38 students. Determination of the research sample used saturated sample technique, which was a sampling technique if all members of the population are used as samples so that the sample obtained in 38 students. Data collection techniques used test and non test techniques. The data analysis used is the t test. The results showed 1) there was a significant effect of discovery learning model on students critical thinking skills in IPAS learning class V SD Negeri 2 Trimurjo in the 2024/205 school year, 2) there were differences in the learning model of experimental and control classes at SD Negeri 2 Trimurjo in the 2024/2025 school year. Keyword:critical thinking, discovery learning, learning model
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 06:57 |
| Terakhir diubah: | 22 Oct 2025 06:57 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91714 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
