PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

MAYA , MARDANI (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Maya Mardani Abstrak - Maya Mardani.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img] File PDF
Maya Mardani BAB 12345 - Maya Mardani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3552Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Maya Mardani Tanpa BAB 4 - Maya Mardani.pdf

Download (3380Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian pengembangan multimedia interaktif ini bertujuan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa secara visual, simbolik, dan verbal, pada materi Statistika Kelas VIII SMP/MTs/Sederajat. Multimedia interaktif ini dikembangkan dengan menggunakan model discovery learning yang terdiri dari tahapan stimulation, problem statement, collection, processing, verification, dan generalization. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian pengembangan ini adalah rendahnya kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Al-Huda Jatiagung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest experimental control group design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket, dan tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan analisis kevalidan, multimedia interaktif memenuhi kriteria valid dari penilaian ahli materi dan ahli media. Berdasarkan analisis kepraktisan, multimedia interaktif memenuhi kriteria praktis dari skor respons siswa dan respons guru. Berdasarkan analisis keefektifan, multimedia interaktif efektif dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan hasil uji

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:14
Terakhir diubah: 22 Oct 2025 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91722

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir