Rika , Jum’a Virgosa (2025) INTEGRATING THINK-PAIR-SHARE WITH OUTLINING STRATEGY IN TEACHING NARRATIVE WRITING. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - nafa com.pdf Download (205Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. TESIS FULL - nafa com.pdf Restricted to Hanya staf Download (1552Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. TESIS TANPA PEMBAHASAN - nafa com.pdf Download (1317Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRACT This study aimed to (1) find out whether the integration of Think-Pair-Share (TPS) with outlining improves students’ writing achievement, (2) find out whether the integration of TPS with outlining results in better writing performance than the original TPS strategy, and (3) find out which aspect of writing improves the most after students are taught using the integrated strategy compared to the original TPS. This research employed a quantitative approach with a quasi-experimental design. The study was conducted with eleventh-grade students at SMAN 7 Bandar Lampung. Two classes were used: the experimental class, taught using TPS with outlining, and the control class, taught using the original TPS strategy. The data were collected through writing tests administered before and after the treatment. Students’ writings were evaluated by using the Independent Group T-test and Paired Sample T-test. The results revealed that (1) the experimental class’s mean score increased from 65.05 in the pre-test to 82.6 in the post-test, with an N-gain of 0.502 and a Sig. (2- tailed) value of .001, indicating a significant improvement. (2) The post-test scores also presented that TPS with outlining outperformed the original TPS, with the experimental class scoring a mean of 82.6 compared to the control class’s 76.4, supported by a Sig. (2-tailed) value of .001. (3) Among the five writing aspects— content, organization, vocabulary, language use, and mechanics—content showed the highest improvement in both groups. However, the experimental group also showed notably higher gains in organization and language use, suggesting that the outlining strategy helped students better plan, structure, and express their ideas. These findings indicate that integrating TPS with outlining significantly enhances students’ writing achievement, especially in areas requiring higher-order thinking and structured development. Keywords: Narrative text, outlining, Think-Pair-Share (TPS), writing achievement Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah integrasi strategi TPS dengan outlining dapat meningkatkan pencapaian menulis siswa, (2) mengetahui apakah integrasi TPS dengan outlining menghasilkan kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan penggunaan strategi TPS standar, dan (3) mengidentifikasi aspek menulis yang mengalami peningkatan paling signifikan setelah siswa diajarkan menggunakan strategi terpadu dibandingkan dengan strategi TPS standar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasiexperimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMAN 7 Bandar Lampung. Dua kelas dilibatkan: kelas eksperimen yang diajar menggunakan TPS dengan outlining, dan kelas kontrol yang diajar menggunakan strategi TPS standar. Data dikumpulkan melalui tes menulis yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan, dan dianalisis menggunakan Independent Sample T-test dan Paired Samples T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat dari 65.05 (pre-test) menjadi 82.6 (post-test), dengan N-gain sebesar 0.502 dan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.001, yang menunjukkan peningkatan signifikan. (2) Hasil post-test juga menunjukkan bahwa strategi TPS dengan outlining menghasilkan pencapaian menulis yang lebih tinggi dibandingkan dengan strategi TPS standar, dengan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 82.6 dan kelas kontrol sebesar 76.4, yang didukung oleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.001. (3) Dari lima aspek menulis—isi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, dan mekanika—aspek isi mengalami peningkatan tertinggi pada kedua kelompok. Namun, kelompok eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan pada aspek organisasi dan penggunaan bahasa, yang mengindikasikan bahwa strategi outlining membantu siswa dalam merencanakan, menyusun, dan mengungkapkan ide secara lebih terstruktur. Temuan ini menyimpulkan bahwa integrasi strategi TPS dengan outlining secara signifikan meningkatkan pencapaian menulis siswa, terutama pada aspek yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pengembangan ide secara sistematis. Kata kunci: Teks naratif, outlining, Think-Pair-Share (TPS), pencapaian menulis
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:44 |
| Terakhir diubah: | 22 Oct 2025 07:44 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91735 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
