Indri , Cahyati (2025) PENGARUH GRADE DAN GENDER TERHADAP PEMAHAMAN NATURE OF SCIENCE PADA ISU SOSIOSAINTIFIK SISWA SMA DI PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
Abstrak - Indri Cahyati.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab full 1-5 dan dapus - Indri Cahyati.pdf Restricted to Hanya staf Download (1688Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Bab 1,2,3,5 dapus tanpa pembahasan - Indri Cahyati.pdf Download (1764Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh grade dan gender ter- hadap pemahaman Nature of Science pada isu sosiosaintifik siswa SMA di Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner SUSSI versi Bahasa Indonesia yang terdiri dari 12 item pertanyaan dan instrumen NOSC yang terdiri dari 6 pertanya- an open-ended, kedua instrumen ini mengukur tiga aspek NoS, yaitu aspek subjektif, tentatif, dan empiris. Proses adaptasi dilakukan melalui metode back and forward translation serta ditinjau oleh ahli expert review. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Provinsi Lampung. Sampel diambil mengguna- kan teknik cluster random sampling, dan diperoleh siswa kelas X, XI dan XII dari SMAN 1 Natar, SMAN 2 Natar, SMAN 1 Gedong Tataan, SMAN 2 Gedong Tataan, SMAN 15 Bandar Lampung, dan SMAN 5 Bandar Lampung. Analisis data dilakukan menggunakan analisis faktor konfirmatori (Confirmatory Factor Analysis) untuk menguji kesesuaian model kuesioner SUSSI dan NOSC versi Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model fit dan valid di- gunakan. Selain itu, hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sig- nifikan dalam pemahaman NoS antara siswa laki-laki dan perempuan, di mana siswa perempuan memiliki pemahaman yang lebih tinggi. Ditinjau dari jenjang kelas, siswa kelas XII menunjukkan pemahaman NoS yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan siswa kelas X. Kata Kunci: Isu Sosiosaintifik, Nature of Science, Pemahaman Siswa This study aims to describe the influence of grade and gender on high school students understanding of the Nature of Science (NoS) in socioscientific issues in Lampung Province. The research employed a survey design. The instruments used were the Indonesian version of the SUSSI questionnaire, which consists of 12 items, and the NOSC instrument, which comprises 6 open-ended questions. Both instruments measure three aspects of NoS: the subjective, tentative, and empirical aspects. The adaptation process was conducted using back and forward translation and reviewed by experts through expert review. The study population consisted of all high school students in Lampung Province. The sample was selected using cluster random sampling and included students from grades X, XI, and XII at SMAN 1 Natar, SMAN 2 Natar, SMAN 1 Gedong Tataan, SMAN 2 Gedong Tataan, SMAN 15 Bandar Lampung, and SMAN 5 Bandar Lampung. Data analysis was carried out using Confirmatory Factor Analysis (CFA) to test the model fit of the Indonesian versions of the SUSSI and NOSC questionnaires. The results showed that the model fit well and was valid for use. In addition, the analysis revealed significant differences in NoS understanding between male and female students, with female students demonstrating higher levels of understanding. In terms of grade level, grade XII students exhibited significantly higher NoS understanding than grade X students. Keywords: Sociosaintificc Issues, Nature of Science, Student Understanding
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:02 |
| Terakhir diubah: | 22 Oct 2025 08:02 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91741 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
