Tri , Retno Palupi (2025) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP PESAN MANAJEMEN STRES DALAM EPISODE “BUAT YANG LAGI STRES” DI KANAL YOUTUBE RADITYA DIKA DENGAN GAYA PODCAST. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Tri Retno Palupi.pdf Download (226Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Tri Retno Palupi.pdf Restricted to Hanya staf Download (1154Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Tri Retno Palupi.pdf Download (862Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini menganalisis resepsi khalayak terhadap pesan manajemen stres dalam tayangan media menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori encoding/decoding Stuart Hall. Lima informan diwawancara mendalam untuk memahami bagaimana mereka menafsirkan pesan berdasarkan konteks sosial, budaya, dan pengalaman hidup masing-masing. Hasil menunjukkan tiga kategori resepsi yang mencerminkan relasi kuasa antara media dan audiens, yaitu pertama, penerimaan penuh terhadap pesan media (dominant hegemonic) kedua, negosiasi pesan dengan pengalaman personal (negotiated) dan ketiga, penolakan pesan karena tidak sesuai dengan realitas sosial informan (oppositional). Perbedaan resepsi ini dipengaruhi oleh posisi sosial, latar budaya, dan pengalaman hidup yang membentuk cara informan memahami dan merespons narasi manajemen stres. Penelitian menunjukkan bahwa relasi kuasa dalam komunikasi media tidak bersifat linear, melainkan dinegosiasikan berdasarkan konteks kehidupan audiens. Kata kunci: Youtube, Resepsi khalayak, Manajemen Stres. This study analyzes audience reception of stress management messages in media content using a qualitative approach with Stuart Hall's encoding/decoding theory. Five informants were interviewed in depth to understand how they interpret messages based on their social context, cultural background, and life experiences. Results revealed three categories of reception that reflect power relations between media and audiences first, full acceptance of media messages (dominant hegemonic), second, negotiation of messages with personal experiences (negotiated) and third, rejection of messages due to incompatibility with informants' social reality (oppositional). These reception differences are influenced by social position, cultural background, and life experiences that shape how informants understand and respond to stress management narratives. The study demonstrates that power relations in media communication are not linear, but rather negotiated based on audiences life contexts. Keywords: YouTube, Audience reception, Stress management.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial |
| Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 02:13 |
| Terakhir diubah: | 23 Oct 2025 02:13 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91772 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
