IMPLEMENTASI e-LKPD BERBASIS INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY PADA MATERI INTERFERENSI CAHAYA

Puspita , Tri Wijaya (2025) IMPLEMENTASI e-LKPD BERBASIS INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY PADA MATERI INTERFERENSI CAHAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Puspita Tri Wijaya.pdf

Download (319Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL-1 - Puspita Tri Wijaya.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3355Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Puspita Tri Wijaya.pdf

Download (2767Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi e-LKPD berbasis inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik pada materi interferensi cahaya. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Tulang Bawang Barat dengan menggunakan dua kelas eksperimen, yaitu kelas XI.1 dan XI.2 yang memiliki kemampuan awal berbeda, namun masih dalam kategori yang setara. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan bentuk one group pretest-posttest. Instrumen penelitian mencakup soal uraian keterampilan berpikir kritis, dan angket self-efficacy. e-LKPD yang digunakan dikembangkan berdasarkan model pembelajaran inkuiri dengan tahapan engaged, evidence, explanations, evaluate, dan communicates. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy setelah implementasi e-LKPD. Rata-rata nilai N-gain keterampilan berpikir kritis pada kelas XI.1 sebesar 0,56 (kategori sedang) dan kelas XI.2 sebesar 0,71 (kategori tinggi). Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 pada kedua kelas, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi e-LKPD berbasis inkuiri efektif dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik, meskipun terdapat perbedaan kemampuan awal antar kelas. Kata kunci : LKPD, Keterampilan Berpikir Kritis, Self-E-fficacy, Inkuiri This study aims to determine the effect of the implementation of inquiry-based e- LKPD on critical thinking skills and self-efficacy of students on light interference material. This research was conducted at MAN 1 Tulang Bawang Barat using two experimental classes, namely class XI.1 and XI.2 which have different initial abilities, but are still in the same category. The research design used was pre- experimental with the form of one group pretest-posttest. The research instruments included critical thinking skills questionnaire and self-efficacy questionnaire. The e-LKPD used was developed based on the inquiry learning model with the stages of engage, evidence, explanations, evaluate, and communicates. The analysis showed that there was an increase in critical thinking skills and self-efficacy after the implementation of e-LKPD. The average N-gain value of critical thinking skills in class XI.1 was 0.56 (medium category) and class XI.2 was 0.71 (high category). The paired sample t-test results show a significance value of 0.000 in both classes, which means there is a significant difference between the pretest and posttest results. This shows that the implementation of inquiry-based e-LKPD is effective in practicing critical thinking skills and self-efficacy of students, even though there are differences in initial abilities between classes. Keywords: LKPD, Critical Thinking Skills, Self-Efficacy, Inquiry

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:52
Terakhir diubah: 23 Oct 2025 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91776

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir