PERANCANGAN USER EXPERIENCE MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS USER EXPERIENCE DUOLINGO

Adhitya, Putra Prastyadi (2025) PERANCANGAN USER EXPERIENCE MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS USER EXPERIENCE DUOLINGO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Adhitya Putra Prastyadi.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Adhitya Putra Prastyadi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Puspita Tri Wijaya.pdf

Download (2767Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media pembelajaran interaktif hadir sebagai solusi untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, partisipatif, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi mobile smartphone dengan pendekatan user experience (UX) guna meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan utama, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prtototype, Testing. Inspirasi dari aplikasi Duolingo digunakan karena keberhasilannya dalam menghadirkan pengalaman belajar bahasa Inggris yang menyenangkan dan mudah diakses. Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototype High-Fidelity media pembelajaran yang telah diuji menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ), yang mencakup enam aspek penilaian utama: Attractiveness (2.17), Perspicuity (1.90), Efficiency (2.00), Dependability (2.13), Stimulation (1.75), dan Novelty (1.35), dengan rata-rata keseluruhan sebesar 1.88. Nilai tertinggi pada aspek Attractiveness menunjukkan bahwa pengguna merasa tertarik dengan rancangan tersebut, sementara aspek Stimulation yang juga tinggi menunjukkan rancangan ini berhasil membangkitkan minat dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap peserta didik, prototype ini dinilai memiliki potensi yang kuat dalam mendukung proses pembelajaran Bahasa Inggris yang interaktif, menyenangkan, dan berpusat pada pengguna. Kata kunci : User Experience, Media Pembelajaran Interaktif, Bahasa Inggris, Duolingo, Design Thinking Interactive learning media emerges as a critical solution for fostering a more engaging, participatory, and effective learning environment. This research aims to design interactive learning media based on smartphone mobile application with utilizing a User Experience (UX) approach, with the objective of enhancing student engagement in English language learning. The study employs the Design Thinking methodology, comprising five primary stages: Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Testing. The successful application Duolingo served as inspiration, given its proven ability to deliver an enjoyable and accessible language learning experience. The culmination of this research is a high-fidelity prototype of the learning media, which was rigorously evaluated using the User Experience Questionnaire (UEQ). This evaluation encompassed six key assessment aspects: Attractiveness (2.17), Perspicuity (1.90), Efficiency (2.00), Dependability (2.13), Stimulation (1.75), and Novelty (1.35), yielding an overall average score of 1.88. The highest score in the Attractiveness aspect indicates strong user appeal in the design, while the high score in Stimulation demonstrates the design's success in stimulating interest and learning motivation. Based on the evaluation findings from students, this prototype is deemed to possess significant potential in supporting an interactive, enjoyable, and user-centered English language learning process. Keywords : User Experience, Interactive Learning Media, English Language, Duolingo, Design Thinking.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 23 Oct 2025 03:00
Terakhir diubah: 23 Oct 2025 03:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91777

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir