EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DAN SIKAP SISWA SMA

Sania , Zena Azaria (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DAN SIKAP SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Ind Eng - Sania Zena Azaria.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img] File PDF
Marged Skripsi Scan Tanpa Lampiran - Sania Zena Azaria.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2257Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Marged Skripsi Tanpa Pembahasan dan Lampiran - Sania Zena Azaria.pdf

Download (2063Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis green chemistry untuk meningkatkan penguasaan kompetensi pembelajaran termokimia dan sikap siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel penelitian adalah kelas XI F-1 dan XI F-2 yang dipilih melalui teknik purposive sampling, kemudian dilaku- kan pengundian sehingga kelas XI F-1 ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas XI F-2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pretes postes penguasaan kompetensi pembelajaran termokimia, angket sikap ter- hadap pelajaran kimia, asesmen kinerja produk berpikir dari pengisian LKPD, angket respon siswa dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran. Analisis data meliputi perhitungan n-gain rata-rata, angket sikap, kinerja produk berpikir, angket respon dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran. Pengujian hipo- tesis dilakukan dengan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain rata-rata penguasaan kompetensi pembelajaran termokimia kelas eksperimen sebesar 0,44 berkategori sedang dan persentase sikap terhadap pelaja- ran kimia sebesar 81% berkategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis green chemistry efektif dalam mening- katkan penguasaan kompetensi pembelajaran termokimia dan sikap siswa terha- dap pelajaran kimia. Kata kunci: inkuiri terbimbing, green chemistry, termokimia, penguasaan kom- petensi, sikap terhadap pelajaran kimia This study aims to describe the effectiveness of guided inquiry learning model based on green chemistry to improve the mastery of thermochemistry learning competencies and attitudes of high school students. The research method used is quasi-experimental with pretest-posttest control group design. The population in this study were all students of class XI of SMA Negeri 15 Bandar Lampung in the 2024/2025 Academic Year. The research sample was class XI F-1 and XI F-2 which were selected through purposive sampling technique, then a lottery was conducted so that class XI F-1 was determined as the control class and class XI F- 2 as the experimental class. The research instruments used were pretest-posttest of mastery of thermochemistry learning competencies, attitude questionnaires to- wards chemistry lessons, assessment of thinking product performance from filling out LKPD, student response questionnaires and learning model implementation sheets. Data analysis includes the calculation of the average n-gain, attitude ques- tionnaires, thinking product performance, response questionnaires and learning model implementation sheets. Hypothesis testing was carried out by testing the difference between two means. The results of the study showed that the average n- gain of the mastery of thermochemistry learning competencies in the experimental class was 0.44 in the moderate category and the percentage of attitudes towards chemistry lessons was 81% in the very good category. It can be concluded that the guided inquiry learning model based on green chemistry is effective in improving students' mastery of thermochemistry learning competencies and attitudes towards chemistry lessons. Keywords: guided inquiry, green chemistry, thermochemistry, competency mas- tery, attitude towards chemistry lessons

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 23 Oct 2025 04:17
Terakhir diubah: 23 Oct 2025 04:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91795

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir