Citra , Agustina (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI TELEGRAM PADA MATERI DINAMIKA ATMOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Citra Agustina.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRPSI FULL - Citra Agustina.pdf Restricted to Hanya staf Download (1447Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Citra Agustina.pdf Download (944Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan, salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Telegram terhadap hasil belajar siswa pada materi dinamika atmosfer di SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design berbentuk pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil kelas XE-1 kelas kontrol dan kelas XE-3 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi dengan teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji Wilcoxon’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi Telegram dan kelas kontrol yang tidak menggunakan aplikasi Telegram pada materi dinamika atmosfer dan (2) Aplikasi Telegram dinyatakan efektif terhadap hasil belajar geografi pada materi dinamika atmosfer di kelas X SMAN 16 Bandar Lampung. Kata kunci: efektivitas telegram, dinamika atmosfer, hasil belajar The rapid development of information technology has had a significant impact on various aspects of life, including education. Effort to improve the quality of education, one innovation that can be implemented is the use of digital technology in the learning process. This study aims to determine the effectiveness of using the Telegram application on student learning outcomes in atmospheric dynamics at SMA Negeri 16 Bandar Lampung. This study used a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design in the form of a pretest-posttest control group design. The sample was selected using a purposive sampling technique, with class XE-1 as the control class and class XE-3 as the experimental class. Data collection methods used tests, documentation, and observation. Data analysis techniques to test the research hypotheses used the Mann-Whitney U test and the Wilcoxon's V test. The results of the study indicate that (1) there is a difference in learning outcomes between the experimental class that uses the Telegram application and the control class that does not use the Telegram application on atmospheric dynamics. (2) the Telegram application is effective on geography learning outcomes in atmospheric dynamics in class X of SMAN 16 Bandar Lampung. Keywords: telegram effectiveness, atmospheric dynamics, learning outcomes
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 04:13 |
| Terakhir diubah: | 23 Oct 2025 04:13 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91797 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
