Luthfia , Azzahra (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF CONFIDENCE SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK LUTHFIA AZZAHRA - LUTHFIA AZZAHRA.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FULL THESIS LUTHFIA AZZAHRA TANPA LAMPIRAN ISI - LUTHFIA AZZAHRA.pdf Restricted to Hanya staf Download (2274Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
THESIS LUTHFIA AZZAHRA TANPA BAB PEMBAHASAN - LUTHFIA AZZAHRA.pdf Download (1514Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan Self Confidence siswa, salah satunya disebabkan karena kurang tepatnya media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Reasearch and Development, yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang terkategori valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemapuan pemecahan masalah dan Self Confidence siswa. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan prosedur penelitian ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI SMA Negeri 4 Kotabumi tahun ajaran 2024/2025 pada materi regresi linear. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan menggunakan uji-t dan uji proporsi. Hasil pengembangan multimedia interaktif terkategori valid dan praktis. Hal ini dapat dilihat dari skor validasi ahli materi, yaitu 85% dan skor validasi ahli media 88%, dengan terkategori valid. Selanjutnya, diperoleh hasil skor kepraktisan dari respon guru, yaitu 94,21% dan siswa 92,61%, sehingga produk dinyatakan sangat praktis. Kemudian berdasarkan hasil uji-t terhadap posttest kemampuan pemecahan masalah dan Self Confidence memperoleh kesimpulan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Self Confidence siswa menggunakan multimedia interaktif. Hal ini didukung dari hasil uji proporsi terdapat bahwa kemampuan pemecahan masalah dan Self Confidence siswa yang belajar menggunakan multimedia interaktif memperoleh ketuntasan klasikal terkategori baik dengan ketuntasan lebih dari 60%. Dengan demikian, multimedia interaktif memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan Self Confidence siswa. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Confidence, Siswa
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 06:39 |
| Terakhir diubah: | 23 Oct 2025 06:39 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91828 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
