1013079079, NGATMIN (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN KIT IPA DAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 JATIBARU TANJUNG BINTANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moto.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (189Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (77Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui penggunaan KIT IPA. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas/classroom Action Research sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri 4 tahap yaitu : Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas IV. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data dikumpulkan dengan tes dan observasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan statistika deskriptif. Penggunaan KIT IPA realistik dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran khususnya menyelesaikan masalah melalui pendidikan IPA. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan penggunaan KIT IPA semakin meningkat hal ini terlihat dari data rata-rata per siklus, siklus I 73,99%, siklus II 77,99% dan siklus III 89,99%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan KIT IPA realistik dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah. Hal tersebut ditandai adanya peningkatan rata-rata hasil belajar IPA dari siklus I adalah 58,13, siklus II adalah 62,81 dan siklus III 73,75. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan KIT IPA dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa serta Penggunaan KIT IPA ini dapat digunakan sebagai salah satu pembelajaran IPA. Kata kunci : Penggunaan KIT IPA dan Metode Demontrasi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:36 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 04:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9184 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |