Muhammad , Rafi Satria (2025) PENERAPAN METODE EXTREME PROGRAMMING GUNA MEMBANGUN MODUL DATA AKADEMIK DAN MODUL PEMBELAJARAN PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER 4 DI SMPN 29 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - Muhammad Rafi Satria.pdf Download (217Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Full- Muhammad Rafi Satria.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan - Muhammad Rafi Satria.pdf Download (3628Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan teknologi informasi mendorong sekolah untuk mengadopsi sistem terkomputerisasi guna meningkatkan efisiensi pengelolaan data dan transparansi informasi akademik. SMPN 29 Bandar Lampung menghadapi tantangan dalam mengelola data akademik secara manual, yang berdampak pada keterlambatan informasi dan risiko kesalahan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi akademik berbasis website dengan menggunakan metode Extreme Programming (XP) dan framework CodeIgniter 4. Sistem yang dibangun terdiri dari empat modul utama, yaitu modul data akademik, pembelajaran, informasi publik, dan evaluasi, dengan fokus pengembangan pada modul data akademik dan pembelajaran. Sistem ini memungkinkan pengelolaan data siswa, guru, dan pegawai secara terintegrasi serta memberikan akses informasi nilai dan kemajuan belajar secara real-time kepada siswa, guru, dan orang tua. Pengujian dilakukan menggunakan metode Black-Box dengan teknik Equivalence Partitioning untuk validasi fungsional dan User Acceptance Testing (UAT) untuk mengukur aspek non-fungsional. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fungsi sistem berjalan sesuai spesifikasi, dengan tingkat kepuasan pengguna sebesar 86%. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem telah memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna dan dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan informasi akademik di lingkungan sekolah. Kata kunci: Sistem Informasi Akademik, CodeIgniter 4, Extreme Programming, Black-Box, User Acceptance Testing. The development of information technology encourages schools to adopt computerized systems to enhance the efficiency of data management and the transparency of academic information. SMPN 29 Bandar Lampung faces challenges in managing academic data manually, which leads to delays in information access and a high risk of data errors. This study aims to develop a webbased academic information system using the Extreme Programming (XP) method and the CodeIgniter 4 framework. The system consists of four main modules: academic data, learning, public information, and evaluation, with development focused on the academic data and learning modules. The system enables integrated management of student, teacher, and staff data, and provides real-time access to student grades and learning progress for students, teachers, and parents. Testing was conducted using the Black-Box method with the Equivalence Partitioning technique for functional validation, and User Acceptance Testing (UAT) to evaluate non-functional aspects. The test results show that all system functions operate according to specifications, with a user satisfaction level of 86%. These results indicate that the system meets most user needs and can improve the effectiveness of academic information management within the school environment. Keywords: Academic Information System, CodeIgniter 4, Extreme Programming, Black-Box, User Acceptance Testing.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Ilmu Komputer |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 07:45 |
| Terakhir diubah: | 23 Oct 2025 07:45 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91862 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
