IDENTIFIKASI STRESOR AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG

NURUL , AINI (2025) IDENTIFIKASI STRESOR AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Nurul Aini - 2113052064 - Nurul Aini.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Nurul Aini_2113052064_FULL Tanpa Lampiran - Nurul Aini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3617Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI AINI TANPA PEMBAHASAN_2113052064_REVISI - Nurul Aini.pdf

Download (2454Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Mahasiswa Universitas Lampung berada pada masa perkembangan beranjak dewasa (18-25 tahun) yang dihadapkan dengan transisi besar dalam berbagai aspek kehidupan seperti akademik, sosial, dan emosional sehingga rentan mengalami stres saat menjalani masa pembelajaran di universitas. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam semi-terstruktur dengan subjek 33 mahasiswa dari berbagai fakultas. Prosedur analisis data menggunakan teknik analisis tematik dengan tahapan familiarisasi data, penyusunan kode, mencari tema, memeriksa ulang tema, definisi tema, dan pembuatan laporan. Sedangkan keabsahan data penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan dalam penelitian serta diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini yakni penyebab stres akademik yang paling banyak dialami oleh subjek adalah permasalahan beban dan dinamika tugas, aktivitas akademik dan non akademik, dan interaksi sosial. Sedangkan masalah lainnya yaitu adaptasi kultur, ekspektasi dan tekanan, kendala pribadi, fasilitas kampus, kaderisasi, serta hal teknis perkuliahan. Studi ini menyarankan perlunya pengetahuan tentang strategi koping yang efektif serta dukungan institusional untuk membantu mahasiswa menghadapi tantangan akademik. Kata kunci: stres akademik, mahasiswa, beban akademik Students at the University of Lampung are in the stage of emerging adulthood (ages 18–25), a period marked by significant transitions in various aspects of life, including academics, social interactions, and emotional development. This makes them particularly vulnerable to experiencing stress during their university studies process. This study employs a qualitative phenomenological approach, with data collected through semi-structured in-depth interviews involving 33 students from various faculties. Data analysis followed thematic analysis procedures, consisting of data familiarization, coding, theme identification, theme review, theme definition, and report writing. To ensure the validity of the data, the study applied prolonged engagement in the field and peer debriefing. The findings indicate that the most common sources of academic stress among participants include the burden and dynamics of assignments, academic and non-academic activities, and social interactions. Other stressors identified were cultural adaptation, expectations and pressure, personal challenges, environmental issues, organizational training, and technical aspects of coursework. The study highlights the importance of knowledge about effective coping strategies and the need for institutional support to help students navigate academic challenges. Keywords: academic stress, university students, academic workload

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:57
Terakhir diubah: 23 Oct 2025 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91871

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir