YAKUBUS , KUDIAI (2025) PENGARUH SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Yakubus Kudiai 2013021026 ABSTRAK - Yakobus Kudiai.pdf Download (191Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Yakubus Kudiai_2013021026 - Yakobus Kudiai.pdf Restricted to Hanya staf Download (1309Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Yakubus Kudiai_2013021026 Tanpa BAB Pembahasan - Yakobus Kudiai.pdf Download (1200Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self directed learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 131 siswa yang terdistribusi ke dalam 5 kelas yaitu VIII A sampai VIII E. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, 2 kelas diambil secara acak sebagai sampel yaitu kelas VIII B sebanyak 26 siswa dan kelas VIII E sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan pretes-posttestn control group design. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji-t’. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas self directed learning lebih tinggi daripada siswa pada kelas konvensional. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa pengaruh self directed learning efektif dilihat dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, pengaruh, self directed learning This study aims to determine the effect of self-directed learning on students' mathematical problem- solving abilities. The study population consisted of all 131 eighth-grade students of SMP Negeri 3 Natar in the odd semester of the 2024/2025 academic year, distributed into five classes: VIII A to VIII E. Sampling was conducted using a cluster random sampling technique, with two classes randomly selected: class VIII B (26 students) and class VIII E (25 students). This study used a pretest-posttest control group design. The analysis used the χ-test. The results of the hypothesis test showed that students in the self-directed learning class improved their mathematical problem-solving abilities significantly compared to those in the conventional class. Based on this analysis, it was concluded that the effect of self-directed learning was effective, as seen from the improvement in students' mathematical problem- solving abilities. Keywords: mathematical problem solving ability, influence, self-directed learning
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:23 |
| Terakhir diubah: | 23 Oct 2025 08:23 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91887 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
